Alfamart Mencoba Keuntungan Bisnis Kecantikan - Bangun 30 Toko DAN

NERACA

Jakarta - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) melalui anak usahanya PT Sumber Indah Lestari (SIL) merambah penjualan produk kesehatan dan kecantikan dengan membuka outlet DAN+DAN.

Rencananya SIL akan membangun 30 toko pada tahun ini, dan 100 toko pada tahun depan. Seperti yang dijelaskan oleh Managing Director PT SIL Fernie Rosalie Kristanto, bahwa perusahaan mengharapkan pada tahun depan akan mencapai 130 toko yang difokuskan berada di wilayah Jabodetabek, “Di outlet ini kami akan memberikan kenyamanan bagi pelanggan baik dari pelayanan maupun tempat seperti beauty class selain konsumen dapat touch and play produk yang tersedia,”kata Direktur Utama SIL, Vania Lo di Jakarta, Kamis (18/7).

Selain memungkinkan pelanggan memperoleh kesempatan untuk mencoba beragam produk yang tersedia, di dalam outlet juga diberikan layanan, edukasi, dan informasi seputar kecantikan dan kesehatan. Menurutnya, pelayanan seperti ini tidak didapatkan konsumen dari kompetitor serupa, sehingga dia optimis DAN+DAN bisa bersaing demi menjaga pelanggannya.\"Ini merupakan satu layanan yang kami berikan kepada pelanggan. Sehingga kami berharap pelanggan mendapatkan edukasi sekaligus pengalaman berbelanja yang berkesan. Karena memang saat ini masyarakat modern terutama wanita sadar akan pentingnya kecantikan dan kesehatan”, tambahnya.

Dia juga menyatakan bahwa perseroan belum akan mewaralabakan toko DAN+DAN karena untuk saat ini pihaknya masih akan lebih fokus mengembangkan toko dibandingkan untuk mewaralabakan toko ini.“Saat ini kita fokus untuk kembangkan toko terlebih dahulu untuk mengembangkan ekspansi kami. Untuk keputusan mewaralabakan atau tidak itu masih belum diputuskan, kita lihat saja nanti kedepannya akan seperti apa”, ujar Fernie menambahkan.

Nilai Investasi

Sementara itu, untuk membangun satu toko DAN+DAN perseroan menganggarkan dana sebesar Rp1,2 miliar - Rp1,5 miliar. Sehingga diperkirakan untuk membangun 30 toko di tahun ini perusahaan menyiapkan dana sebesar Rp 40 miliar untuk Distribution Center (DC) yang dimiliki perusahaan, dan sekitar Rp 20 miliar untuk satu DC sewa. Saat ini SIL memiliki satu DC yang berada di Cibitung.

“Untuk luas toko pertama kami 100 meter, saya rasa kurang luas untuk sebuah toko kesehatan dan kecantikan. Kedepannya kami berniat memiliki toko yang lebih luas lagi”, ujar dia.

Pada 26 Juli mendatang akan dibuka 1 toko lagi berlokasi di Bintaro, Tangerang. Dalam menggaet pelanggan, toko DAN+DAN difokuskan berada di kawasan perumahan agar lebih dekat dalam memberi pelayanan.“Ini berbeda dengan toko serupa yang lain yang lebih memilih berada di mal dan pusat perbelanjaan lain”, ungkap dia.

Selain itu, SIL sendiri belum mempunyai target penjualan pada toko barunya ini. Hal ini dinyatakan oleh Fernie karena baru buka dan baru bisa terlihat setelah beberapa hari ke depan. “Saat ini belum bisa disampaikan, namun pasti diharapkan setinggi-tingginya. Ini juga harus didukung dengan pelayanan yang baik serta inovasi yang dapat memberikan pelanggan layanan berbeda dari tempat lain”, ujar dia.

SIL merupakan perusahaan ritel grup dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang khusus menjual produk kesehatan dan kecantikan yang didirikan pada November 2012. Toko pertamanya DAN+DANterletak di Kota Wisata Cibubur dengan luas 100 meter persegi terdiri dari dua lantai. (nurul)

Related posts