BI Yogyakarta Sediakan RP2,7 Triliun - Sambut Ramadan

NERACA

Yogyakarta - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyediakan uang Rp2,7 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat di daerah ini selama Ramadan dan Idul Fitri 2013.

\"Pada ramadan 2013, diproyeksikan kebutuhan uang masyarakat DIY akan meningkat 20% dari realisasi ramadan 2012,\" kata Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Causa Iman Karana di Yogyakarta, Selasa.

Dia mengatakan BI telah memproyeksikan kebutuhan uang masyarakat di DIY pada Ramadan hingga Idul Fitri 2013 sebesar Rp3,1 triliun. Jumlah tersebut jauh dibandingkan realisasi kebutuhan uang pada Ramadan 2012 di daerah ini yakni Rp2,5 triliun.

Menurut dia, peningkatan kebutuhan uang di DIY pada tahun ini lebih didorong oleh peningkatan kunjungan wisata selama liburan, kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, serta kebutuhan uang untuk bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

Sementara itu, lanjut dia, BI juga telah membuka pelayanan penukaran uang baru bagi masyarakat di Kantor Perwakilan BI DIY atau melalui kas keliling yang ditargetkan menjangkau setiap kabupaten.

\"Kami sarankan bagi masyarakat yang ingin menukarkan pecahan uang baru agar langsung mendatangi pelayanan penukaran yang dibuka oleh BI, sebab tidak dipungut biaya serta terjamin keasliannya,\"katanya.

Menurut dia, nominal uang yang disediakan untuk penukaran pecahan baru setiap memasuki Ramadhan dan Idul Fitri yakni Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp5.000, Rp2.000 dan Rp1.000.

\"Pelayanan penukaran uang kepada masyarakat akan dilakukan mulai awal Ramadhan hingga 6 Agustus mendatang,\" katanya. [ant]

Related posts