BNI Siapkan Rp29,87 Triliun Uang Tunai - Tetap Beroperasi Saat Lebaran

NERACA

Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk mempersiapkan uang tunai sebesar Rp29,87 triliun untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan masyarakat akan uang tunai menjelang Idul Fitri 1434 Hijriah, meningkat 22% dibandingkan lebaran 2012. \"Peningkatan jumlah uang tunai yang disediakan BNI tersebut telah mempertimbangkan beberapa indikator, yaitu pertama, pertambahan jumlah anjungan tunai mandiri (ATM) dan outlet BNI yang saat ini sudah mencapai 8.489 ATM dan 1.649 outlet di seluruh Indonesia,\" kata Direktur Operasional & Teknologi Informasi Suwoko Singoastro, dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (15/7).

Dia melanjutkan, peningkatan jumlah uang tunai tersebut juga mempertimbangkan faktor inflasi yang disebabkan oleh kenaikan harga barang pasca kenaikan bahan bakar minyak dan kenaikan inflasi oleh siklus alami selama bulan Ramadan dan Idul Fitri. \"Selain itu juga memperhitungkan adanya tambahan jaringan ATM BNI setelah terhubung dengan jaringan ATM Prima yang memiliki 50.000 unit ATM mulai tahun 2013,\" ujar Suwoko.

Sebelumnya, nasabah BNI bisa bertransaksi di 8.489 ATM BNI, 25 ribu ATM LINK, juga 41 ribu ATM Bersama. Selain menaikkan persediaan uang tunai, kata Suwoko, BNI juga mengintensifkan pemantauan ATM selama 24 jam melalui pusat pemantauan (BNI Command Center), dan pemantauan ATM di setiap Kantor Wilayah yang didukung tim reaksi cepat untuk menangani setiap gangguan.

Untuk menjaga dan memastikan ketersediaan uang tunai, ATM BNI akan dipasok ATM Regional Center, perusahaan mitra dan kantor cabang pengelola. \"Dari sisi keamanan, ATM BNI telah dilengkapi dengan beberapa komponen pengaman, antara lain kamera CCTV di setiap ruang ATM, PIN Shield (kanopi penutup keypad), alat anti trapping, dan stiker petunjuk dan himbauan transaksi aman,\" tuturnya.

Selain keamanan, BNI juga tetap memberikan kenyamanan nasabah dengan tetap menjaga kebersihan ruang ATM, memelihara lampu dan AC, serta memperbanyak ATM Galery untuk menurunkan tingkat antrian.

Sementara Direktur Jaringan dan Layanan BNI Honggo Widjojo Kangmasto, menegaskan BNI tetap melayani nasabah saat lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah yang akan jatuh pada 8-9 Agustus 2013 mendatang.

\"Ketika masa libur Idul Fitri 1434 H berlangsung, BNI tetap memberikan pelayanan dengan operasional terbatas, yaitu pelayanan terbatas di 111 outlet plus outlet weekend banking pada tanggal 3 Agustus 2013 dan 10 Agustus 2013, serta pelayanan terbatas di 200 outlet antara tanggal 5 Agustus 2013 hingga 9 Agustus 2013,\" kata Honggo. Dia menambahkan, khusus tanggal 4 Agustus 2013, hanya outlet weekend banking yang melayani, sementara hanya pada tanggal 8 Agustus 2013 atau pada saat hari raya Idul Fitri 1434 H (sesuai keputusan pemerintah) tidak ada outlet beroperasi.

Jenis layanan yang diberikan, antara lain semua transaksi kas (IDR), pemindahbukuan antar-rekening BNI, dan setoran Pertamina (BBM dan non-BBM). \"Dengan tetap membuka layanan, BNI ingin mendukung kegiatan ekonomi di hari libur dapat tetap berjalan,\" ujar Honggo.

Layanan dimaksud, antara lain dalam hal pembayaran Pertamina untuk mendukung kelancaran distribusi bahan bakar minyak (BBM). Outlet yang tetap beroperasi ini diutamakan yang berada di pusat kegiatan ekonomi, seperti mal, pasar, bandara, pelabuhan, stasiun kereta dan tempat lainnya.

Honggo menuturkan, untuk memberikan layanan perbankan kepada masyarakat yang tengah melakukan perjalanan mudik, berwisata atau berlibur, BNI akan mengoperasikan mobil BNI Layanan Gerak di lokasi-lokasi strategis, seperti di beberapa titik sepanjang jalur mudik, terminal, stasiun, pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya.

\"Mobil BNI Layanan Gerak telah dilengkapi dengan mesin ATM dan customer service untuk melayani kebutuhan transaksi nasabah. Beberapa mobil BNI Layanan gerak juga telah disiapkan untuk melayani penukaran uang kecil yang banyak dibutuhkan masyarakat menjelang Lebaran,\" kata Honggo.

Melalui layanan ATM BNI, nasabah dapat memanfaatkan ratusan fitur transaksi perbankan. Selain ATM, layanan nasabah juga difasilitasi melalui hotline BNI Call 500046 atau melalui ponsel (021) 500046 dan 68888.

BNI juga menyediakan layanan elektronik lainnya untuk kemudahan nasabah, yaitu BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking yang dapat dimanfaatkan tanpa keterbatasan waktu dan tempat.

\"Kenyamaan dan kemudahan yang diberikan BNI ini, diharapkan juga diimbangi dengan kehati-hatian nasabah, terutama pada masa liburan. Di antaranya dengan menjaga kerahasiaan PIN ATM terhadap siapapun, serta memastikan nomor telepon BNI Call yang dihubungi adalah benar. Apabila menghubungi call center, petugas BNI tidak akan pernah menanyakan nomor PIN nasabah,\" tandasnya. [ardi]

Related posts