Subaru XV Hadirkan Kelebihan dari Para Pesaingnya

Persaingan pasar sport utility vehicle (SUV) saat ini mulai memanas. Tak pelak pelaku produsen mobil mempunyai strategi tersendiri, seperti menawarkan kelebihan interior, ekterior dan mesin yang irit bahan bakar.

NERACA

Pasar mobil sport serbaguna domestik aliassport utility vehicle(SUV) dalam lima tahun ini terus mencorong. Pertumbuhan rata-rata mencapai 18-19%, bahkan tahun ini diperkirakan mencapai 22%. Tak pelak, kondisi itu membuat kalangan agen tunggal pemegang merek mobil (ATPM) di Tanah Air berlomba menggelontorkan model terbaru SUV menengah.

Dalam pasar SUV premium di tanah air, produk Honda CRV tergolong merupakan pemimpin pasar. Produk ini memiliki persaingan yang cukup ketat dengan Nissan Xtrail keluaran Nissan, ataupun Ford Escape dan baru-baru ini Subaru XV siap bersaing di pasar SUV.

Subaru XV, sebuah model crossover generasi baru, dengan cepat meraih popularitas di kawasan Asia Tenggara berkat karakteristik uniknya yang mendefinisikan kembali dan memadukan kepraktisan SUV yang luar biasa dalam bentuk yang fashionable.

Sejak peluncurannya di tahun 2012 lalu, Subaru XV kini telah menjadi top-selling modelSubaru di pasar utama Motor Image Indonesia, Filipina, Malaysia dan Thailand.

Keungulan Subaru XV

Apa saja keunggulan dari Subaru XV ini? Jika dilihat dari semua mobil pabrikan Jepang, Subaru XV adalah satu-satunya mobil Jepang yang masih menggunakan mesin Boxer dan sistem penggerak AWD atau 4WD simetris. Dengan perpaduan tersebut Subaru XV mampu menawarkan stabilitas dan traksi/grip yang lebih baik jika dibandingkan SUV yang telah ada di Indonesia.

Sektor eksterior menawarakan desain yang eksklusif, lampu utama dengan desain yang modern dipadu dengan gril warna krom dan terdapat logo Subaru pada bagian tengahnya. Desain bemper depan juga terlihat modern dengan airscoop yang cukup besar pada bagian bawah menembah aerodinamika mobil serta meningkatkan down force mobil.

Tak lupa bemper depan juga dilengkapi lampu kabut sebagai pembantu lampu utama dalam menerangi jalan yang dilewati. Yang paling mencolok dari mobil ini adalah desain pelek yang unik dan khas dan masihjarang diaplikasi oleh mobil lain.

Sementara untuk sisi interior menggambarkan kesan kompak dan khas. Semua jok terbungkus rapi dengan bahan kulit, untuk sandaran jok belakang bisa disetel sesuai dengan keinginan penumpang.Untuk Subaru XV premium, konsumen akan mendapat fitur yang lebih mewah dan nyaman.

Fitur tersebut antara lain LCD monitor yang terdapat pada sandaran jok depan, sehingga penumpang belakang dapat melihat video dari dekat. Lalu headunit dari audio menggunakan layar sentuh dan diatasnya terdapat juga piranti MID atau Multi Information display.

Untuk sektor dapur pacu alias mesin, Subari XV ini dilengkapi mesin berkapasitas 1995 cc dengan sistem pengkabut bahan bakar injeksi sekuensial dan mampu menyemburkan tenaga sebesar 150 tenaga kuda pada putaran mesin 6200 Rpm, dan torsi maksimum yang didapatkan sebesar 196 Nm pada putaran mesin 4200 Rpm. Dan mampu dipacu hingga 187 km/jam.

Sistem penggerak AWD (All Wheel Drive) yang dimiliki Subaru XV ini dilengkapi dengan sistemActive Torque Splityang dapat mengontrol traksi roda mobil dan mencegah mobil selip ketika meliwati jalanan yang licin. Kelebihan lainnya sistem AWD ini berjalan otomatis jadi pengemudi tidak perlu mengaktifkan atau mematikan sistem AWD ini.

Fitur tambahan lain berupa ABS 4-kanal yang dilengkapi EBD,Vehicle Dynamics Control System, kamera belakang (bekerja saat mundur),Hill Start Assist,Brake Overridedan BA tak lupa tersemat pada Subaru XV ini. Harga yang ditawarkan Subaru untuk SUV ini cukup kompetitif yakni Rp 338 juta untuk versi standart dan Rp 359 juta untuk versi premium harga tersebut on the road Jakarta.

Pencapaian Subaru

Subaru XV rakitan lokal yang telah secara resmi diproduksi sejak Desember 2012 adalah produk hasil kerja sama Motor Image Group dengan Fuji Heavy Industries Ltd dari Jepang, pabrikan Subaru. Subaru XV diproduksi di Malaysia dan didistribusikan secara lokal, termasuk di Indonesia dan Thailand.

“Penjualan Subaru XV ternyata lebih baik daripada yang kami harapkan dan kami ingin membangun hubungan jangka panjang, yang berlandaskan pada kualitas unggulan dan fitur-fitur spesial dari Subaru XV, serta menyediakan layanan kelas atas yang konsisten dengan konsumen,” ucap Glenn Tan, Presiden Direktur PT. TC Subaru.

Pihaknya sangat terpacu dengan respon yang ada, dan pada usaha-usaha untuk memperkenalkan merk Subaru di kawasan ini. Motor Image akan terus fokus pada ekspansi, serta memperkuat penjualan dan jaringan distribusi di wilayah tersebut. Saat ini, Subaru sedang menikmati permintaan besar pada kendaraan All-Wheel Drive nya, di seluruh kawasan ini, khususnya di pasar Asia dengan lebih dari 14.000 unit kendaraan terjual pada 2012.

Strategi pertumbuhan ini juga tercermin pada peningkatan besar terhadap kehadiran Motor Image Group, dengan rencana-rencananya untuk mengembangkan jaringannya di Indonesia, Malaysia, dan Thailand hingga 80 outlet pada 2013.

Related posts