Jamsostek Muara Enim Lakukan Pelayanan Satu Pintu

NERACA

Muara Enim - PT Jamsostek (Persero) Cabang Muara Enim, Sumatera Selatan akan melakukan inovasi pelayanan satu pintu guna memudahkan pelayanan di wilayahnya. Ditemui di sela sela acara rapat koordinasi wilayah, Kepala Kantor Cabang Jamsostek Muara Enim, Mariansyah mengatakan, Pelayanan satu pintu akan dapat memudahkan para perusahaan untuk mendaftarkan tenaga kerjanya ke Jamsostek.

Mengingat selama ini, imbuh Mariansyah, banyak perusahaan yang belum mengikutkan pekerjanya masuk program Jamsostek. “Dalam waktu dekat kami akan segera melakukan MoU dengan Pemda Muara Enim terkait pelayanan satu pintu ini,” kata Mariansyah, pekan lalu. Pelayanan satu pintu, artinya, Jamsostek akan menempatkan orang di Dinas Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Muara Enim.

Di mana setiap perusahaan yang berkepentingan dengan dinas tersebut akan diwajibkan untuk mendaftarkan perusahaannya ke Jamsostek. “Dan itu akan diatur melalui Perda,” tambahnya.

Saat ini Jamsostek Cabang Muara Enim Memiliki potensi Tenaga Kerja sekitar 69 ribu dengan jumlah perusahaan sebanyak 1800, sedangkan kepesertaan aktif di Jamsostek Cab.Muara Enim sekitar 42 ribu dengan jumlah perusahaan sekitar 950 yang tersebar di 11 Kabupaten, diantaranya meliputi, Muara enim, Lahat, Prabu Mulih, Kab. Pali, Oku Timur, Oku Selatan, Batu Raja, Lubuk Linggau, Musi Rawas, empat Lawang dan Pagar Alam.

“Selama ini, kami kesulitan menjangkau perusahaan yang ada disini, mengingat jarak dari setiap Kabupaten berkisar tiga sampai lima jam dengan medan tempuh yang sulit dijangkau. Tetapi dengan adanya pelayanan satu pintu ini diharapkan kendala tersebut dapat teratasi. Program pelayanan ini sementara dimulai di Muara Enim, tapi segera mungkin akan kita jajaki di 10 kab/kota lainnya,” ungkap Mariansyah.

Di tempat terpisah Bupati Muara Enim, Mudzakir Sai Sohar menambahkan, pelayanan satu pintu untuk Jamsostek akan segera direalisasikan. Pihaknya saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak Jamsostek Cabang Muara Enim. “Disamping ada Jamsostek, kami juga meminta agar Bank Sulsel untuk ditempatkan di Dinas Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Muara Enim. Hal itu dilakukan agar sinergi birokrasi di Muara Enim terintegrasi dengan baik,” tandasnya. [kam]

Related posts