Nipress Kembangakan Baterai Lithium BTS

Produsen baterai lithium pertama di Indonesia, PT Nipress Tbk (NIPS) berencana mengembangkan baterai lithium untuk BTS seluler, “Baterai lithium ini sangat ramah lingkungan. Baterai di BTS yang sekarang itu bisa dicuri, dibakar, tapi kalau lithium enggak begitu, enggak bisa dibakar, didaur ulang dan dipakai timahnya,\"kata Direktur Operasional NIPS, Richard Tandiono di Cileungsi, Bogor kemarin.

Dia mengungkapkan, setidaknya tiga operator besar telah menggunakan baterai produksi Nipress untuk msaing-masing BTS. Diantaranya, Telkomsel, kerja sama XL, dan Indosat. Kendati menawarkan kualitas yang lebih baik, tetapi harga yang ditawarkan masih lebih mahal dibanding baterai yang saat ini telah digunakan BTS.

Selain itu, dia juga mengakui, Telkomsel sudah berkomitmen dengan perseroan untuk menggunakan baterai lithium yang diproduksi NIPS. Sementara, perseroan juga tengah menjajaki langkah kerja sama dengan Indosat, “Dibanding timah hitam lebih mahal empat kali lipat. Telkomsel, dan dengan Indosat sedang penjajakan,”ungkapnya. (bani)

Related posts