Dompet Dhuafa Optimalkan Penghimpunan Zakat - Efektif Kurangi Kemiskinan

NERACA

Jakarta - Meski inflasi diprediksi meninggi pada bulan ini, Dompet Dhuafa menargetkan penghimpunan zakat, infak, sedekah dan wakaf dapat mencapai lebih dari Rp80 miliar pada Ramadhan tahun ini. Proyeksi ini diraih dari tren setiap tahunnya di mana penghimpunan zakat terus meningkat setiap ramadan.

Optimisme ini disampaikan Direktur Komunikasi dan Hubungan Eksternal Dompet Dhuafa, Nana Mintarti di Jakarta, Kamis (11/7). Menurut Nana, pengaruh kenaikan harga BBM Bersubsidi yang diikuti kenaikan harga kebutuhan pokok tidak akan berpengaruh pada penurunan pembayaran zakat. “Bahkan ketika krisis ekonomi tahun 1997-1998 lalu, perolehan zakat Dompet Dhuafa mengalami peningkatan,” ujarnya.

Nana menambahkan, dengan tingginya perolehan zakat, infak, sedekah dan wakaf maka akan semakin banyak juga masyarakat miskin yang terbantu. “Dengan naiknya BBM dan harga kebutuhan pokok, besar kemungkinan orang miskin juga akan semakin bertambah,” tutur dia.

Nana menambahkan, intervensi dana zakat kepada kelompok dhuafa terbukti telah mengangkat mereka dari jurang kemiskinan. Penelitian yang mengambil sampel 1.639 dari 10.806 rumah tangga miskin ini diketahui, zakat secara umum memiliki implikasi positif dalam mengurangi beban kemiskinan, seperti mengurangi jumlah rumah tangga miskin (21,11%), tingkat kedalaman kemiskinan dan tingkat keparahan kemiskinan.

“Selain itu, zakat juga mempengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan rumah tangga miskin dari kemiskinan. Jika tanpa zakat memerlukan waktu tujuh tahun, dengan asumsi pertumbuhan tujuh persen, maka dengan zakat bisa menjadi 5,1 tahun,” terang Nana. Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada seluruh umat muslim untuk menyalurkan zakatnya melalui lembaga zakat yang kredibel agar dana zakat yang disalurkan dapat dioptimalkan melalui program pemberdayaan yang dapat mengangkat masyarakat dari jurang kemiskinan.

Kemudahan berdonasi

Untuk memudahkan para donatur dalam menunaikan donasinya, Dompet Dhuafa merilis Dompet Dhuafa Easy Payment, layanan mobile application untuk sistem pembayaran donasi zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Ini merupakan solusi donasi instan dalam bentuk aplikasi mobile.

Aplikasi ini digunakan oleh Dompet Dhuafa sebagai automate channel untuk menerima donasi di tempat secara mudah yang dapat membantu proses donasi dan menghasilkan pelaporan dengan cepat. “Petugas kami yang dilengkapi dengan gadget tertentu dapat terkoneksi dengan sistem aplikasi di kantor. Bukti tanda transaksi pun bisa langsung dicetak serta langsung ditandatangani oleh Donatur yang bersangkutan,” jelasnya.

Dompet Dhuafa Easy Payment ini merupakan hasil kemitraan dengan PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU), sebuah perusahaan penyedia solusi pembayaran online terintegrasi pertama di Indonesia yang menawarkan solusi pembayaran secara lokal dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan merchant. [ardi]

Related posts