CIMB Niaga Berpredikat “Sangat Bagus”

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk berhasil meraih penghargaan di ajang Infobank Award 2013. Dalam acara yang diselenggarakan pekan lalu di Jakarta, CIMB Niaga berhasil meraih Platinum Trophy 2013 atas Kinerja Keuangan “Sangat Bagus” untuk kategori kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 3 atau bank-bank bermodal inti Rp5 triliun sampai dengan Rp30 triliun.

Penilaian atas kinerja bank-bank menggunakan lima kriteria utama yang terbagi ke dalam tujuh rasio keuangan dan empat pertumbuhan. Indikator itu antara lain rasio permodalan, kualitas aset, aktiva produktif rentabilitas dan likuiditas, serta efisiensi dan pertumbuhan dana. Selain itu indikator lainnya adalah kredit, modal inti dan laba.

Harsya Denny Suryo, Corporate Secretary CIMB Niaga mengungkapkan, penghargaan ini menjadi hasil dari kerja keras seluruh jajaran di CIMB Niaga serta pengakuan atas prestasi kinerja keuangan CIMB Niaga sepanjang tahun 2012. Per 31 Desember 2012, CIMB Niaga mencatatkan laba bersih konsolidasi (audited) sebesar Rp4,23 triliun, meningkat 33% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Denny menambahkan, pada 2012, CIMB Niaga semakin memantapkan posisinya sebagai bank terbesar kelima dari sisi aset, dengan total aset tercatat sebesar Rp197,41 triliun, tumbuh 18% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan aset sejalan dengan pertumbuhan penyaluran kredit yang meningkat 16% menjadi sebesar Rp145,40 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp125,70 triliun.

“Pertumbuhan penyaluran kredit CIMB Niaga didukung pula dengan peningkatan perolehan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 15% yoy menjadi Rp151,02 triliun per 31 Desember 2012,” kata Denny di Jakarta, Kamis. Tahun lalu, CIMB Niaga juga terus mengembangkan layanan branchless banking-nya untuk mempermudah transaksi perbankan nasabah melalui CIMB Clicks (internet banking), Go Mobile (mobile banking), dan Phone Banking 14041 dan 500 800, disamping layanan ATM.

Belum lama, CIMB Niaga memperkenalkan produk Rekening Ponsel, inovasi terbaru layanan perbankan di Indonesia, yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan nomor ponsel operator manapun.

Selain “Rekening Ponsel”, inovasi terbaru CIMB Niaga lainnya dalam layanan branchless banking adalah Digital Lounge. Dilengkapi dengan teknologi terkini, Digital Lounge menyediakan sejumlah fasilitas dan layanan perbankan, dari mesin ATM model terbaru, mesin setor tunai, hingga layanan video banking dengan layar sentuh untuk bertransaksi serta layar besar yang menampilkan video banking agent/petugas bank secara live yang akan membantu nasabah dalam melakukan transaksi perbankannya.

Menurut Denny, pengembangan layanan branchless banking ini sejalan program financial inclusion yang dicanangkan oleh Bank Indonesia dalam mengenalkan produk dan layanan perbankan secara luas ke masyarakat. “Untuk itu, kami persilahkan masyarakat untuk memanfaatkan seluruh layanan tersebut, dalam melakukan transaksi perbankannya, kapan pun, dan di mana pun,” tandas dia. [rin]

Related posts