Subaru Targetkan Penjualan 2.500 Unit - Buka Kantor Pusat

NERACA

Jakarta - PT. TC. Subaru selaku distributor resmi Subaru di Indonesia telah resmi membuka headquarter baru yang akan memberikan layanan 3S (Sales, Service dan Spare Parts). Dengan mempunyai kantor pusat baru (headquarter), PT Subaru menargetkan penjualan sampai 2.500 unit. Hal tersebut seperti diungkapkan Presiden Direktur PT.TC Subaru Glenn Tan di kantornya, Rabu malam (10/7).

\"Pada tahun ini, kami sangat yakin bisa mencapai penjualan 2.500 unit,\" ungkap Glen. Hingga semester pertama, penjualan baru mencapai 820 unit. Akan tetapi pihaknya merasa yakin target penjualan bisa tercapai. Terlebih dengan adanya pameran mobil seperti IIMS 2013 karena bisa meningkatkan penjualan.

Demi mencapai target penjualan tersebut, Subaru masih mengandalkan model SUV XV dab Forester. Jika sebelumnya calon konsumen harus menunggu untuk memboyong XV, kini menurut Glenn, sudah berada pada posisi ready stock, karena telah diimpor dari pabrik perakitan Subaru di Malaysia.

Ditambahkan dia, Januari sampai Juni 2013, penjualan SUV Segment C di Indonesia mencapai 20.000 unit. Keinginannya, memperoleh 5-10%. \"Segmen ini tumbuh cepat dan kami punya produk yang kompetitif untuk kualitas dan harga,\" yakinnya. Untuk enam bulan ke depan, Subaru Indonesia berkonsentrasi penuh menjual XV sebanyak-banyaknya. Bearti tidak akan ada produk baru hingga akhir tahun. Promosi juga mulai gencar dengan menggarap TVC (iklan TV) berbahasa Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan Glenn, fasilitas baru ini merupakan bagian dari langkah strategis PT. TC Subaru untuk semakin memantapkan kehadirannya dan juga untuk mengokohkan Subaru sebagai sebuah merk premium di Indonesia.

Headquarter unggulan Subaru Pondok Indah ini mewakili konsep desain baru - yang mencoba untuk meninggalkan \'white box showroom\' dan memberikan lingkungan yang paling ideal bagi pelanggan Subaru untuk membuat keputusan pembelian mereka - Motor Image yang akan menerapkan gerainya.

Indonesia terpilih menjadi negara pertama di kawasan ASEAN untuk menerapkan konsep desain baru ini dikarenakan pentingnya pasar Indonesia. \"Investasi baru Subaru ini merupakan bagian dari komitmen kami yang besar dalam membangun merk Subaru di Indonesia untuk mendukung populasi kendaraan yang sedang bertumbuh di negeri ini. Indonesia merupakan salah satu pasar utama kami,di mana kami memusatkan upaya di sini, dengan mobil Subaru XV yang diproduksi di Malaysia danmenjadi model terlaris Subarudi Indonesia,\" ungkap Glenn.

Gedung baru ini memiliki empat lantai dan berdiri di atas lahan seluas 3.400 m2 serta memilikishowroom lebih besar yang akan menampilkan seluruh produk mobil Subaru. Gedung ini juga memiliki kapasitas bengkel untuk 10kendaraan dan fasilitas purna jual untuk melayani pelanggan di Indonesia. Bangunan yang terletak di Pondok Indah ini akan menjadi headquarter bagi para karyawan di Indonesia,serta akan melayani pelanggan di seluruh Indonesia dalam kepemilikan kendaraan Subarumereka.

\"Subaru berkomitmen untuk pasar Indonesia dan untuk beroperasi dalam waktu yang cukup lama di sini,\" kata Tan. \"Dukungan yang telah kami dapatkan di Indonesia telah mendorong pertumbuhan kami, dan kami berusaha untuk memberikan standar terbaik dalam layanan pelanggan di seluruh Indonesia,\" katanya.

Saat ini Subaru memiliki tujuh showroom – termasuk yang terletak di Alam Sutera, Bali, Batam, Kelapa Gading, Pluit, Pondok Indah dan Surabaya – dan tujuh dealer di Indonesia. Sesuai dengan rencana perusahaan untuk memperluas area penjualan, PT. TC Subaru saat ini sedang merekrut lebih banyak dealer di kota-kota seperti Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda dan Makassar.

Pada akhir tahun 2013, PT. TC. Subaru akan memiliki 20 gerai Subaru yang tersebar di seluruh Indonesia dan baru-baru ini berhasil melakukan kerja sama dengan CIMB Niaga dalam memberikan pembiayaan dealer dan pembiayaan kendaraan Subaru di Indonesia

Gandeng Bank

Sebelumnya, Subaru menggandeng PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) untuk menyediakan fasilitas pembiayaan melalui seluruh jaringan pamasarannya di Indonesia. \"Selain menggarap segmen konsumen yang sama, mereka punya catatan baik dalam pembiayaan kendaraan. Itulah pertimbangan utama kami,\" jelas Muhammad Syah Perkasa, Manajer Senior TC Subaru.

Salah satu program unggulan CIMB Niaga yang bisa dimanfaatkan kredit mobil adalah KPM Smart Luxury. Nasabah cukup membayar bunga di awal cicilan, sedangkan biaya pokok dilunasi bertahap setiap tahun sesuai jangka waktu pilihan nasabah. \"Kerja sama ini bisa memperbanyak portofolio merek premium di bank kami,\" beber Ernin Saleh, Kepala DIvisi Bisnis Otomotif CIMB Niaga.

Selain menyokong pembiayaan kredit mobil, CIMB Niaga juga berkomitmen mendukung dana pinjaman bagi setiap investor yang berniat mendirikan jaringan pemasaran dan layanan purna jual (dealer) Subaru di seluruh Indonesia.

Related posts