Cegah Pagar Berkarat dengan Cat

Jelang Lebaran atau mungkin sejak awal puasa banyak orang mulai membenahi rumah mereka. Mulai dari dalam hingga bagian luar rumah. Seperti pagar besi misalnya, pasti pemilik rumah ingin pagar besi mereka tampil beda.

Tetapi, masalahnya pagar besi yang terletak di bagian luar rumah, sering terserang karat. Nah, agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah, sebaiknya jangan tunda melakukan perawatannya. Karat menjadi penyebab utama kerusakan pada pagar besi. Oleh karena itu, pagar besi biasanya dicat agar karat tak mudah tumbuh.

Tingkat kerusakan yang diakibatkan oleh karat ada bermacam-macam. Mulai dari stadium awal hingga ke tingkat yang dapat menghilangkan bahan besi itu sendiri. Kondisi besi dengan tingkat kerusakan awal masih bisa diperbaiki. Namun jika sudah pada tingkat hilangnya bahan besi, otomatis harus dilakukan penggantian.

Namun daripada mengganti keseluruhan atau sebagian besi pagar, cara terbaik adalah mencegah timbulnya karat. Untuk ini, biasanya orang mengecat seluruh permukaan besi pagar. Prosesnya pun harus tepat, sehingga fungsi pengecatan ini maksimal.

Namun, masih banyak diantara kita yang belum mengerti bagaimana proses pengecatan yang tepat. Akibatnya, kualitas perlindungan terhadap pagar besi tidak maksimal, dan karat akan segera menghampiri pagar besi Anda. Untuk itu, perhatikan langkah-langkah yang tepat ketika ingin melakukan pengecatan pagar besi Anda.

Pertama, jika logam (besi) sudah tumbuh karat maka sikat terlebih dahulu bagian logam (besi) yang berkarat, lalu ampelas hingga bagian tersebut benar-benar bersih.

Kedua, bila pada permukaan besi masih terdapat kotoran debu dan minyak, bersihkan dengan kain lap kering.

Ketiga, gunakankan cat besi yang mengandung antikarat. Dengan demikian selain sebagai lapisan cat primer juga sekaligus menjadi top coat atau cat finish yang diformulasikan khusus dalam satu kemasan. Selain cat itu tahan cuaca, banyak pilihan warna dekoratif.

Jika pengaplikasiannya Anda tidak ingin menggunakan cat tersebut, Anda dapat menggunakan cat dasar (cat meni) terlebih dahulu. Tunggulah sampai satu hari, setelah itu baru aplikasikan cat finish.

BERITA TERKAIT

Lihat Bocoran Nokia 9, Smartphone dengan Lima Kamera

Desas-desus soal Nokia 9 yang hadir dengan lima kamera, kembali muncul. Kali ini, giliran render smartphone tersebut yang bocor di…

Mengganti Terigu Impor dengan Produk Buatan Lokal - Teknologi Pangan

        NERACA   Bogor - Mie memang menjadi santapan favorit masyarakat Indonesia, tanpa pandang usia. Sayangnya mie…

Menteri Dalam Negeri - Dana Operasional Kepala Desa Cegah Korupsi

Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri Dana Operasional Kepala Desa Cegah Korupsi Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan dana…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Pemerintah Perlu Awasi Ketat Aplikasi Digital Perhotelan

Pemerintah Perlu Awasi Ketat Aplikasi Digital Perhotelan NERACA Jakarta - Pemerintah perlu mengawasi lebih ketat aplikasi dan platform digital untuk…

Karakteristik Pasar Perumahan Ekspatriat Tidak Berubah

Karakteristik Pasar Perumahan Ekspatriat Tidak Berubah NERACA Jakarta - Konsultan properti Colliers International menyatakan bahwa karakteristik pasar perumahan untuk ekspatriat…

Perlu Adanya Pembenahan Regulasi Perumahan

Perlu Adanya Pembenahan Regulasi Perumahan   NERACA Jakarta - Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta (Hipmi Jaya), Afifuddin Suhaeli…