Askes Gandeng BNI Kerja Sama Layanan dan Jasa

NERACA

Jakarta - PT Askes (Persero) menggandeng PT Bank Negara Indonesia Tbk untuk membuat nota kesepahaman atas pengelolaan dana pemanfaatan produk dan pelayanan jasa perbankan yang akan diimplementasikan pada 2014 mendatang. Direktur Utama Askes, Fachmi Idris, mengapresiasi BNI karena telah berkomitmen mendukung terwujudnya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Fachmi mengatakan, hal ini merupakan sinergi BUMN yang strategis walaupun pada 1 Januari 2014 mendatang status Askes bukan BUMN lagi. “Dukungan dari perbankan sangat berharga, karena sistem pembayaran, pengelolaan keuangan dan investasi BPJS kesehatan akan banyak menggunakan pelayanan perbankan,” ucap Fachmi di Jakarta, Rabu (10/7).

Dalam bisnis proses BPJS ke depannya, Fachmi mengatakan diperlukan pencatatan aktifitas transaksi peserta BPJS kesehatan karena akan menjadi record yang sangat penting. “Diharapkan Bank BNI juga terus mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan BPJS kesehatan,” ucap Fachmi.

Dia juga menjelaskan, melalui kerja sama ini, Askes akan semakin banyak cara untuk menyalurkan uang. “Kami harap ini akan berdampak kepada peningkatan kepuasan bagi pengguna BPJS, proses transaksi pembayaran iuran diharapkan jadi trigger bagi peserta untuk membayar premi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Treasury & Institutional BNI, Adi Setianto mengatakan, pihaknya akan mendukung seluruh program yang dibuat oleh BPJS. “Ini merupakan suatu program besar,” ujar dia. Selain itu, Adi mengatakan layanan cash management yang dikembangkan BNI untuk Askes ini merupakan kegiatan yang bertujuan memudahkan transaksi pembayaran premi tagihan, maupun pengelolaan dana yang dihimpun.

“Misalnya tagihan Akses untuk membayar rumah sakit, nantinya bisa dilakukan melalui BNI, pembayaran premi termasuk pengembangan dananya,” imbuhnya. Dia juga menjelaskan, BNI akan menyiapkan sistem yang nyaman dan aman bagi Askes dan seluruh pesertanya untuk melakukan transaksi pembayaran. “Selain itu, peserta juga dapat memanfaatkan layanan electronic channel (e-channel) yang BNI punya,” ucap Adi.

Dengan demikian, transaksi Akses dapat dilakukan melalui virtual account, termasuk dengan memanfaatkan media transaksi seperti Internet banking maupun mobile banking. Askes juga memberikan kesempatan kepada Bank di Indonesia khususnya bank-bank milik pemerintah untuk mengembangkan pelayanan perbankan bagi BPJS Kesehatan ke depan.

Harapannya akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional melalui BPJS Kesehatan. Sebelumnya Askes juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman yang sama dengan PT Bank Mandiri Tbk, dan akan menyusul kerja sama serupa dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. [sylke]

Related posts