Mandiri Salurkan Bantuan 20 Ribu Kompor

NERACA

Jakarta- PT Bank Mandiri Tbk memberikan bantuan 20 ribu kompor kepada Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk disalurkan kepada masyarakat korban bencana.\"Kompor Mandiri itu nantinya juga dapat digunakan oleh relawan PMI atau BNPB saat tanggap darurat bencana,\" kata Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (8/7).


Dari 20 ribu kompor, sebanyak 10 ribu kompor akan diberikan kepada PMI dan 10 ribu kompor untuk BNPB.Riswinandi menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut kepada Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Plaza Mandiri Jakarta, kemarin.


Menurut Riswinandi, PMI dan BNPB merupakan elemen penting yang cukup memadai dalam penanggulangan bencana. Sebab, kedua lembaga itu memiliki kemampuan, peralatan dan operasi kerja yang terstruktur dengan baik. \"Peran PMI dan BNPB sangat penting agar penanganan bencana dilakukan secara efektif dan efisien, terlebih Indonesia berada di daerah rawan bencana. Kami berharap bantuan ini dapat membuat penanganan bencana yang dilakukan PMI dan BNPB lebih efektif dan tepat sasaran,\" katanya.

Sebagai tahap awal, lanjutnya, Bank Mandiri dan BNPB telah menyalurkan 1.000 Kompor Mandiri kepada masyarakat Aceh yang terkena musibah gempa bumi. Selain Kompor Mandiri, Bank mandiri juga memberikan alat Penjernih Air Mandiri untuk memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih.

Sementara itu, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menyambut baik penyaluran kompor berteknologi ramah lingkungan tersebut karena mendukung agenda pengembangan sumber energi terbarukan.\"Ide ini tidak hanya bagus untuk wilayah bencana, tetapi juga baik untuk wilayah terpencil karena mereka sering kesulitan memperoleh sumber energi yang terbarukan,\" ujar Jusuf Kalla.


Sebelumnya, Bank Mandiri juga telah memberikan 3.000 kompor untuk digunakan para relawan tetap PMI guna membantu mereka menangani korban-korban di daerah bencana.Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan masalah bencana itu urusan bersama, baik pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha.\"Bank Mandiri adalah salah satu perusahaan yang peduli pada masyarakat,\" tutur Sutopo. [ardi]

BERITA TERKAIT

Sistem QR Code Bank Mandiri akan Diluncurkan Awal 2019

    NERACA   Jakarta - Presiden Direktur PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Mandiri Pay sebagai sistem…

Investor di Bursa Capai 820 Ribu Investor

NERACA Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatkan, jumlah investor saham per bulan Oktober 2018 mencapai 820.000 investor berdasarkan…

Anggota Komisi VI DPR RI Berikan Bantuan Mesin Bagi IKM Kota Sukabumi

Anggota Komisi VI DPR RI Berikan Bantuan Mesin Bagi IKM Kota Sukabumi NERACA Sukabumi - Anggota Komisi VI DPR RI…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

BI Naikkan Suku Bunga Jadi 6%

    NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) kembali menaikkan suku bunga acuannya pada November 2018 menjadi enam persen,…

Perbankan Diminta Perbaiki Tata Kelola

      NERACA   Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap industri perbankan terus memperbaiki tata kelola perusahaan yang…

Bhineka Life dan OJK Gelar Literasi Keuangan untuk Guru

    NERACA   Bandung - PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional…