Mandiri Dorong Transaksi SPBU

NERACA

Jakarta - PTBank Mandiri Tbk mendorong peningkatan transaksi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk memperkuat bisnis transaksional dengan rata-rata transaksi SPBU mencapai Rp5 triliun - Rp6 triliun setiap bulan.\"Ada 3.559 SPBU di seluruh wilayah Indonesia atau mencapai 80% dari pangsa pasar SPBU. Kami terus berupaya mengembangkan produk perbankan yang dapat memudahkan transaksi keuangan para pengusaha SPBU di Indonesia. Sehingga diharapkan, tahun ini jumlah SPBU yang kami layani dapat bertambah hingga 27%,\" ujar Senior Vice President Bank Mandiri Riza Zulkifli dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (4/7).


Menurut dia, Bank Mandiri juga menggelar Program Gratis 1 Tangki Pertamina untuk mengapresiasi para pengusaha SPBU Pertamina.Program yang bertujuan untuk memperkuat hubungan dengan pengusaha SPBU Pertamina ini diyakini dapat mendorong peningkatan transaksi bisnis, terutama transaksi pembelian BBM dan penyimpanan dana di Bank Mandiri.


\"Melalui program ini, transaksi SPBU dalam setiap bulan diharapkan dapat tumbuh 20%,\" kata dia.Selain itu, lanjut Riza Zulkifli, Bank Mandiri juga akan memperluas jangkauan penggunaan mandiri e-Money untuk pembelian bahan bakar di SPBU. Hingga saat ini, mandiri e-Money dapat digunakan untuk membeli bahan bakar di sekitar 500 SPBU Pertamina di Indonesia.


\"Nantinya, kami ingin seluruh SPBU Pertamina Pasti Pas dapat menerima transaksi pembayaran dengan Mandiri e-Money,\" kata Riza Zulkifli.Hingga Mei 2013, kartu mandiri e-Money yang telah beredar mencapai lebih dari 3 juta kartu dengan frekuensi transaksi mencapai 45,3 juta atau tumbuh 76% dibanding periode yang sama tahun lalu.Bank Mandiri, kata dia, terus mengembangkan layanan pembayaran elektronik menggunakan kartu prabayar yang saat ini menggunakan brand \"e-Money\".

Hasilnya, kata dia, nilai transaksi e-Money sejak Januari hingga Mei 2013 tumbuh 104% menjadi Rp558 miliar dari Rp274 miliar pada periode yang sama tahun 2012. Adapun pangsa pasar e-Money untuk frekuensi transaksi telah mencapai 84,17%.Sementara itu, dia mengatakan, untuk menghadapi periode libur Idul Fitri 1434 H, Bank Mandiri akan membuka sekitar 150 kantor cabang untuk melayani transaksi setoran BBM oleh SPBU.


Sehingga, kebutuhan masyarakat terhadap bahan bakar dapat terpenuhi. Selain melalui kantor cabang, pengelola SPBU juga dapat menggunakan layanan Mandiri Cash Management maupun Mandiri Internet Bisnis untuk bertransaksi.\"Kami memperkirakan, transaksi pada periode libur lebaran tahun ini akan meningkat 20% dibanding hari biasa. Untuk itu, kami akan mengoptimalkan seluruh jaringan Bank Mandiri untuk memudahkan pengelola SPBU dalam melakukan transaksi keuangan agar pendistribusian bahan bakar dapat berjalan lancar,\" ujarnya. [ardi]

Related posts