CIMB Niaga Syariah Salurkan Dana Kebajikan Rp2,6 Miliar - Gandeng 18 Lembaga

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk, melalui Unit Usaha Syariah (CIMB Niaga Syariah) menyalurkan kembali dana kebajikan (Qardhul Hasan) sebesar Rp2,6 miliar dengan nama program Unifying Spirit for Humanitymelalui kemitraan dengan 18 Lembaga Kemanusiaan Amal dan Sosial, antara lain BAZNAS, LAZISNU, LAZISMU, dan Yayasan Dompet Dhuafa Republika.

Dana kebajikan dan Corporate Social Responsibility (CSR) ini akan dipergunakan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat di berbagai lokasi di Indonesia oleh Lembaga Mitra yang bekerjasama dengan CIMB Niaga. Kriteria dari lembaga tersebut yaitu lembaga yang kredibel, reputable, berpengalaman, akuntabel, dan mempunyai program-program yang tepat sasaran ke pengguna langsung (masyarakat).

Handoyo Soebali, Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga mengungkapkan, program Unifying Spirit for Humanitymerupakan program kemitraan dalam penyaluran dana kebajikan dan CSR CIMB Niaga Syariah yang fokus kepada community development, baik dalam aspek pendidikan maupun ekonomi.

Pemberian bantuan sendiri, berdasarkan program yang diajukan oleh masing-masing Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial tersebut, termasuk antara lain, pemberian beasiswa, program kesehatan masyarakat, dan pelatihan kemandirian wirausaha.

Pada 2013, menjadi penyelenggaraan ketiga program Unifying Spirit for Humanity. Selama dua kali penyelenggaraan, kemitraan initerus menunjukkan peningkatan yang positif, baik dari sisi jumlah Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial yang digandeng maupun besarnya dana kebajikan yang disalurkan.

\"Dan yang terpenting adalah, program Unifying Spirit for Humanitymampu meningkatkan kemitraan dengan masyarakat serta memberikan dampak positif terhadap perkembangan ekonomi masyarakat sekitar,\" kata Handoyo di Jakarta, Kamis (4/7).

Menurut dia, dengan terus menambah jumlah Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial, sasaran penyaluran dana kebajikan dan CSR ini akan semakin luas dan tepat sasaran. Tahun ini, lembaga yang baru bergabung antara lain Yayasan Lentera Hati, Yayasan Tazkia Cendekia, Badan Wakaf Al-Quran dan Palang Merah Indonesia (PMI). Khusus PMI, CIMB Niaga Syariah memberikan bantuan berupa satu unit kendaraan Donor Darah (UDD).

Kemitraan dengan Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial, hal ini menjadi bagian dari suatu transparansi CIMB Niaga Syariah dalam menyalurkan dana kebajikan secara terbuka, akuntabel, dan jelas pertanggungjawabannya. Sumber dari dana kebajikan dan CSR yang disalurkan ini berasal dari nasabah dan mitra CIMB Niaga Syariah sebesar Rp2,1 miliar dan dari rekening CIMB Niaga Peduli sebesar Rp500 juta.

Dengan semakin tumbuhnya CIMB Niaga Syariah maka semakin besar dana kebajikan yang disalurkan. Untuk itu, CIMB Niaga Syariah berterima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dan memberikan kepercayaan kepada CIMB Niaga Syariah untuk menyalurkan dana kebajikan kepada pihak yang tepat sasaran.

Selain Penyaluran Dana Kebajikan, pada kesempatan ini juga diselenggarakan kick off kerjasama Rekening Ponsel dengan Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial. Masyarakat dapat menggunakan Rekening Ponsel untuk kegiatan amal, pembayaran infak, shodaqoh, iuran anggota, dan lain-lain.

Selain itu, Rekening Ponsel juga dapat digunakan untuk sejumlah transaksi perbankan seperti transfer dana ke seluruh nomor ponsel yang disiapkan, untuk membeli pulsa ponsel prabayar, pembayaran tagihan, hingga penarikan tunai tanpa menggunakan kartu ATM di jaringan ATM CIMB Niaga.

Ke depan, Handoyo berharap Unifying Spirit for Humanitybisa terus berjalan setiap tahun, dan semakin banyak lagi jumlah Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial yang bekerjasama dengan CIMB Niaga Syariah. \"Melalui konsep seperti ini, masyarakat bisa lebih cepat dalam menerima bantuan, dan semakin banyak lagi program-program Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial yang bisa dibantu oleh CIMB Niaga Syariah, sehingga dana yang dihimpun dari masyarakat dan nasabah memberi manfaat yang besar,\" tutup Handoyo. [lulus]

BERITA TERKAIT

Niaga Bilateral - Indonesia-Amerika Berkomitmen Tingkatkan Nilai Perdagangan

NERACA Jakarta – Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Arlinda menyatakan Republik Indonesia dan Amerika Serikat berkomitmen meningkatkan…

Kembangkan Bisnis Alat Kesehatan - Indofarma Gandeng Kerjasama Fors Fortis Medika

NERACA Jakarta – Kembangkan ekspansi bisnis sebagai produsen alat-alat kesehatan, PT Indofarma Tbk (INAF) menggandeng kerjasama Fors Fortis Merdeka (FF…

Bangun Pelabuhan Selaru - PTK dan SBI Gandeng Perusda Panca Karya

NERACA Jakarta – Dukung pembangunan infrastruktur, Pertamina Trans Kontinental (PTK) sebagai anak usah PT Pertamina bersama-sama Soletanche Bachy International (SBI)…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

SMF Berencana Terbitkan Surat Utang Rp9 Triliun

  NERACA   Jakarta - BUMN pembiayaan sekunder perumahan PT. Sarana Multigriya Finansial Persero (SMF) berencana menerbitkan surat utang dengan…

Tingkatkan Investasi, Bank Mandiri akan Pertemukan Investor

    NERACA   Jakarta - Bank Mandiri bersama Mandiri Sekuritas dan Jefferies akan menggelar Mandiri Investment Forum (MIF) 2019,…

Bank NTB Syariah Gandeng Telkomsel

  NERACA   Mataram - Perseroan Terbatas Bank NTB Syariah memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi PT Telekomukasi Seluler (Telkomsel) untuk memperkuat…