BRI Tingkatkan Transaksi Electronic Banking - Lebih Efisien

NERACA

Bogor - PTBank Rakyat Indonesia Tbk terus mendorong peningkatan transaksi melalui elektronik banking yang dinilai mampu meningkatkan efisiensi karena murahnya biaya operasional.\"Tahun ini kita akan mengoptimalkan penggunaan elektronik banking dengan target pada 2015 bisa menjadi bank nasional terbesar dalam sistem pembayaran,\" kata Wakil Kepala Divisi Dana Jasa Bank Rakyat Indonesia (BRI) Imam Subowo dalam diskusi dengan wartawan di Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/6) pekan lalu.


Menurut Imam, pihaknya menargetkan pada 2015 semua nasabah tabungan BRI yang mencapai 35 juta orang sudah menggunakan elektronik banking.\"Saat ini nasabah BRI yang menggunakan ATM sudah 19 juta, yang memakai mobile banking 5 juta orang dan yang memakai internet banking 1 juta nasabah,\" kata Imam.


Imam optimistis target menjadi yang terbesar dalam sistem pembayaran akan tercapai mengingat BRI memiliki pondasi yang besar untuk mencapainya yaitu kekuatan cabang, jumlah nasabah, dan pendanaan yang besar.Berbagai strategi disiapkan BRI antara lain dengan memberikan fasilitas elektronik banking kepada nasabah baru BRI dan mengajak nasabah lama BRI memanfaatkan elektronik banking.


Imam mengatakan pihaknya akan fokus pada tiga jenis transaksi elektronik banking yang memiliki tingkat efisiensi terbesar yaitu ATM, mobile banking dan internet banking.\"Kami akan mendorong yang biayanya paling rendah yaitu mobile banking, karena telepon genggam selalu dibawa kemana pun orang pergi dan pertumbuhannya sangat cepat,\" kata dia, menambahkan.


Khusus untuk \"branchless banking\", Imam mengatakan program itu sudah menjadi keharusan perkembangan perbankan nasional ke depan yang menyatukan program perbankan dengan telkom.\"BRI akan mengikutinya sesuai kebijakan BI. Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa berjalan,\" tukasnya. [rin]

Related posts