Asuransi Pendidikan, Strategi Jitu Atasai Mahalnya Pendidikan

Agar orang-orang yang kita cintai bisa mendapatkan kehidupan yang layak, terutama untuk pendidikan anak. Merencanakan keuangan sejak dini merupakan suatu hal yang sangat bijak dan penting.

NERACA

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, terlebih lagi biaya pendidikan di Indonesia yang sangat mahal. Karena itu sangat penting untuk kita merencanakan keuangan untuk biaya pendidikan anak kita sejak dini. Jika ingin menyiapkan pendidikan anak, perencanaan keuangan hendaknya dilakukan sejak awal, bahkan lebih baik sejak anak kita dilahirkan. Dana pendidikan bisa mulai dengan menyisihkan sebagian pendapatan rutin keluarga setiap bulan atau pada waktu tertentu secara rutin.

Biaya pendidikan merupakan kebutuhan penting dalam sebuah keluarga. Sering kali biaya pendidikan melonjak tak terduga seiring dengan naiknya harga-harga kebutuhan masyarakat sehari-hari. Hampir setiap musim kenaikan kelas misalnya, mulai harga buku, seragam,sepatu,dan yang paling terlihat biaya iuran wajib sekolah selalu naik. Untuk menyiapkan dana pendidikan tersebut, langkah pertama yang harus diperhitungkan adalah perkiraan besarnya biaya pendidikan masa datang.

Karena biaya ini dapat dihitung dengan mencari informasi biaya pendidikan untuk sekolah yang diinginkan. Memiliki asuransi pendidikan sejak dini merupakan kebutuhan yang signifikan bagi semua orang. Sebab, perhitungan kondisi keuangan dalam rumah tangga, terutama biaya pendidikan anak, sering tidak menentu. Asuransi pendidikan itu merupakan salah satu asuransi penting yang seharusnya dimiliki masyarakat. Dengan mempunyai polis pendidikan, seseorang tidak perlu khawatir lagi dengan biaya pendidikan yang tidak menentu.

Salah satu faktor yang menyebabkan pentingnya asuransi pendidikan, karena jenis asuransi ini merupakan suatu bentuk investasi yang tepat dan bermanfaat. Apalagi premi yang diterapkan perusahaan asuransi biasanya tidak terlalu tinggi jika dilakukan sejak anak berusia dini. Pada umumnya perusahaan asuransi biasanya memberikan jaminan minimum imbal hasil sekitar lima persen yang akan diberikan.

Perhitungan dana yang akan diberikan secara bertahap disesuaikan dengan jangka waktu anak masuk sekolah berdasarkan persentase uang pertanggungan yang diambil. Karena itu, sebelum menentukan asuransi pendidikan, sebaiknya calon nasabah memperhatikan secara detail transparansi yang ditetapkan pihak perusahaan asuransi. Dengan demikian, biaya pendidikan anak di masa mendatang tidak lagi terganggu dengan persoalan keuangan.

Asuransi pendidikan pada dasarnya adalah kombinasi produk asuransi jiwa berjangka (term-life) plus tabungan. Fitur utama sebetulnya asuransi jiwa yang akan membayarkan uang pertanggungan apabila si tertanggung meninggal dunia sebelum si anak masuk universitas. Fitur tambahannya adalah memaksa Anda untuk menabung.

Dari saldo tabungan yang terhimpun, perusahaan asuransi akan mengeluarkan sejumlah uang pada saat anak masuk SD, masuk SMP, masuk SMA, dan masuk universitas. Sehingga, jika kita tidak meninggal dunia hingga polis berakhir, anak hanya mendapatkan porsi tabungan dalam bentuk pembayaran yang dijanjikan tersebut plus bonus bila ada.

Berdasarkan hasil riset, rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia mencapai 15 persen per tahun. Dengan angka ini, rasanya akan sulit jika kita harus menyiapkan dana pendidikan anak jangka panjang dengan menabung di Tabungan Pendidikan yang hanya memberikan hasil sekitar 6 persen per tahun, dan juga asuransi pendidikan yang sebetulnya berfungsi untuk proteksi.

Related posts