Waspadai Mendengkur Ketika Tidur

Sebagian orang menganggap mendengkur ketika sedang tidur di akibatkan kelelahan setelah beraktifitas, namun tau kah Anda mendengkur salah satu penyebab gangguan sleep apnea.

“Sleep apnea adalah sebuah gangguan tidur yang berarti henti nafas saat tidur, dengan gejala utama mendengkur dan rasa kantuk berlebihan,“ tuturnya RPSGT, sleep Physician di Sleep Disorder Clinic Rumah Sakit Mitra Kema yoran, dr. Andreas Prasasdja, dalam acara Comfort Your Life .

Episode henti nafas disebabkan oleh penyempitan jalan nafas. “Pada saat tidur, organ-organ lunak di jalan nafas melunak hingga terjatuh dan penyempitan saluran. Sering kali penyempitan menyebabkan sumbatan sehingga udara tak dapat lewat,” tuturnya.

Akibatnya si penderita seperti tercekik, dan karena sesaknya, tubuh otomatis membangunkan otak. Sayangnya episode bangun yang dialami berlangsung amat singkat sehingga penderita tidak mengetahui dirinya terbangun-bangun sepanjang malam. Yang ia tahu, ia bangun dengan rasa tidak segar dan mudah mengantuk di siang harinya.

Bayangkan saja bagaimana rasanya jika kita tadi malam hanya tidur dua jam. Persis seperti itulah yang dirasakan penderita sleep apnea. Hanya saja, kita mengalaminya setelah kurang tidur, sedangkan pendengkur akan merasakan setiap hari. Tentu saja kondisi ini mengurangi kualitas hidup dan produktivitas sehari-hari.

Ia mengatakan bahaya sesungguhnya dari sleep apnea adalah penyakit-penyakit lanjutannya. Sleep apnea sudah diakui menjadi salah satu penyebab hipertensi, gangguan jantung, diabetes dan stroke. “Seorang pendengkur harus diperiksa di klinik gangguan tidur dan pemeriksaan THT secara sesakma juga diperlukan,” tuturnya.

Related posts