Adhi Karya Pamerkan Prototype Monorel

PT Adhi Karya Tbk (ADHI) sebagai konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk pembangunan monorel menggelar pameran prototype monorel untuk public di silang Monas Jakarta. Pameran ini dimasksudkan untuk membuktikan kepada publik, bila karya anak bangsa membuat monorel tidak kalah dengan negara lain.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, bangsa Indonesia harus bangga karena putra-putri bangsa ini mampu membuat monorel. Salah satunya adalah yang dibuat oleh PT INKA (Persero) di Madiun, Jawa Timur, “Bahwa kreasi monorel dari teman-teman bisa diuji. Kami sudah coba di Madiun di 3 bulan lalu. Sudah sempurna maka kita boyong ke sini. Termasuk sistem ticketing. Pak Jokowi, mau dipakai atau tidak silahkan, yang penting anak bangsa bisa bikin,”ujarnya di Jakarta akhir pekan kemarin.

Dirinya menyakini, monorel karya konsorsium BUMN tersebut tidak kalah canggih daripada monorel yang ada di Malaysia.\\\"Ini nggak kalah dengan monorel di Kuala Lumpur. Sistem lebih modern daripada monorel di Malaysia, dua kali lipat kapasitasnya,”tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, BUMN menampilkan 3 tipe mock up monorel yakni untuk angkutan monorel Jabodetabek, peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan antar terminal di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menilai, hasil karya monorel bangsa ini dari segi kualitas dan kapasitas sudah bagus, “Secara kualitas bagus. Secara kapasitas juga bagus. Bisa ngangkut kira-kira 1.300 (penumpang),”ungkapnya.

Dirinya mempersilakan kepada kepada para investor lokal, nasional dan internasional untuk berinvestasi. Jokowi mempersilakan semua pihak untuk berinvestasi agar masalah kemacetan di Jakarta dapat diselesaikan. (bani)

Related posts