APP Lakukan Pelepasan Orang Utan

Dalam rangka kepedulian pada lingkungan, Sinar Mas melalui PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk dan Asia Pulp & Paper (APP) mendukung Kementerian Kehutanan beserta Orangutan Foundation International (OFI) dan Yayasan Orangutan Internasional Kalimantan (YOIK) dalam pelepas liaran 10 individu orangutan di Desa Tanjung Hanau, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin. Managing Director Sinar Mas, Gandi Sulistiyanto mengatakan, melalui sinergi antara perusahaan, lembaga konservasi dan pemerintah diharapkan upaya pelepasliaran yang dilakukan secara berkesinambungan dapat mencapai tujuan terpentingnya, yaitu menjaga kelestarian orangutan di habitat aslinya, “Dukungan kerjasama ini merupakan bagian dari program kemitraan antar lembaga (public private partnership) yakni Friends of the Orangutans,”ujarnya.

Sementara Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan menuturkan, pelepasliaran orangutan sangat spesifik karena membutuhkan proses reintroduksi yang cukup lama dan terencana. Sementara pemerintah sendiri merencanakan dapat melepasliarkan cukup banyak orangutan hingga batas akhir tahun 2015, “Disinilah kami mendorong kemitraan antar lembaga untuk turut mendukung upaya konservasi orangutan,”ungkapnya.

Sebagai informasi, program Friends of the Orangutans yang dimulai tahun 2011, dimaksudkan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pelestarian orangutan yang digariskan melalui Peraturan Menteri Kehutanan No P.53/Menhut-IV/2007 tentang Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017.

Hal ini meliputi kegiatan lepasliar 40 individu orangutan ke habitat aslinya, pembangunan Kamp Seluang Mas, berikut dukungan bagi perawatan 330 ekor lainnya yang berada di Care Center OFI. Sebelumnya, pada tahun 2011 dan 2012, APP dan SMART juga telah mendukung pelepasliaran sebanyak 11 ekor orangutan. (bani)

Related posts