BRI Gandeng Telkom Terapkan Branchless Banking

NERACA

Jakarta - Dalam rangka menjalankan program branchless banking atau bank tanpa cabang fisik, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk meluncurkan T-Bank, yakni layanan perbankan transaksi uang elektronik (e-money) dengan berbasis nomor telepon selular sebagai nomor rekening. Dalam kerja sama ini, BRI menggandeng PT Telkom Tbk untuk mendukung kebijakan pemerintah dengan model bisnis bank dan telco (hybrid) \"Kami terus memperluas layanan perbankan dalam merealisikan konsep inklusi keuangan,” ujar Direktur Konsumer BRI Toni Soetirto di Jakarta, Kamis (20/6).

Bagi nasabah BRI, transaksi setoran ke rekening T-Bank dapat dilakukan melalui mobile banking BRI. Sedangkan bagi yang bukan nasabah BRI dapat melalui agen T-Bank. Lalu untuk target perolehan fee based income, BRI menargetkan sebesar Rp75 miliar pada tahun pertama. Terkait keagenan, dalam rangka mitigasi risiko syarat pemilihan agen, BRI membebaskan badan usaha maupun individual yang telah menjadi nasabah dan dikenal baik oleh bank. “Untuk individual maka calon agen tersebut harus memiliki usaha minimal dua tahun dan merupakan penduduk setempat,” ujar Toni.

Dalam pelaksanaan uji coba di dua provinsi yang telah berjalan selama dua minggu, sudah terdaftar sekitar 1.782 nomor rekening T-Bank. \"Setelah uji coba, jumlah agen akan diperluas di seluruh wilayah Indonesia dengan target 12 ribu agen T-Bank, di tahun pertama,\" ungkapnya.BRI menargetkan jumlah pengguna T-Bank mencapai dua juta nasabah. Setelah uji coba, BRI akan bekerja sama dengan Telco lain selain Telkom sehingga pengguna dapat meningkat.

Lebih lanjut Toni menambahkan, jumlah agen yang ikut serta dalam uji coba ini sebanyak 14 agen, yang merupakan nasabah individual Kupedes BRI, mitra payment point BRI dan Plasa Telkom dalam rangka sinergi BUMN. Untuk penempatan, mereka disebar di Kecamatan Ayah, Sempor dan Karangayam di Kebumen, Jawa Tengah. Sedangkan di Jawa Timur akan di tempatkan di Kecamatan Ronggojampi, Sempu dan Muncar di Banyuwangi.

Untuk melakukan transaksi setoran, nasabah BRI dapat melalui mobile banking, sedangkan non-nasabah dapat melalui agen-agen T-Bank. Untuk penarikan tunai dapat dilakukan melalui ATM BRI, e-Buzz BRI, Teras Keliling dan agen.Saldo maksimal untuk rekening T-Bank yang registrasinya dilakukan melalui telepon selular adalah sebesar Rp1 juta, sementara untuk registrasi di agen sebesar Rp5 juta. Hingga kuartal I 2013, jumlah kartu e-money BRI yang bernama \"Brizzi\" tersebut baru tersebar sekitar 800 ribu keping. Jumlah tersebut terhitung sejak peluncurannya di akhir 2011 lalu. [sylke]

Related posts