Menangkap Peluang Emas Bisnis Kaca Film

Usaha jasa pemasangan dan pengadaan kaca film mobil semakin terbuka lebar. Pasalnya, penjualan mobil dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Melakoninya pun tidaklah rumit, tetapi keuntungannya sangat besar.

NERACA

Ya, usaha kaca film mobil memang tidaklah seribet bisnis otomotif lain. Meski demikian, jangan salah persepsi, karena pangsa pasar usaha kaca film mobil ini cukup seksi. Tak heran jika banyak yang mencoba menggarap bisnis ini.

Alasannya, membuka bisnis di bidang ini tidaklah rumit, dengan kata lain bisnis ini tidak membutuhkan skill khusus agar bisa sukses. Dengan keahlian seadanya serta kemampuan membaca kondisi pasar sukses di bisnis ini bisa didapatkan.

“Kalau kita perhatikan saat ini penjualan mobil terus meningkat, dalam hal ini bukan hanya bisnis penjualan mobil saja yang bagus, tetapi bisnis yang berhubungan dengan mobil seperti bisnis kaca film ini juga ikut meningkat,” jawab Boby pemilik bengkel pemasangan kaca mobil di bilangan Jakarta Selatan.

Berdasarkan data Gaikindo, tahun lalu saja penjualan mobil dapat mencapai sekitar 950.000 unit. Sementara itu, tahun ini penjualan mobil didukung faktor pertumbuhan ekonomi yang stabil pada 6-7% dan pertumbuhan kelas menengah sehingga meningkatkan daya beli masyarakat. Selain itu, juga ada faktor suku bunga murah yang mendukung penjualan mobil secara kredit.

Tentu saja, kondisi itu akan membuat usaha lain yang berhubungan seperti usaha pemasangan kaca mobil turut panen. Pasalnya, yang sangat dibutuhkan oleh pengguna mobil, utamanya di kota-kota besar adalah faktor keamanan. Dan kaca film turut memberikannya bagi para pemilik kendaran roda empat.

Ya, semakin tak terjaminnya rasa aman di jalan membuat bisnis ini kian subur. Selain itu, umumnya pengguna mobil tak ingin isi dalam mobilnya terlihat dengan jelas dari luar. Maklum, selain tidak enak dilihat orang lain, transparannya kaca mobil bisa memicu para pelaku kejahatan untuk beraksi karena melihat barang-barang yang ada di dalam mobil.

Itu sebabnya pemilik mobil pribadi biasanya akan memasang kaca film dengan tingkat kegelapan tertentu. Dulu ada aturan yang mengatur tingkat kegelapan. Tetapi, belakangan ini, tak ada yang mau ambil pusing.

Tanpa Modal Besar

Biasanya, yang menjadi kendala dalam memulai usaha adalah faktor modal. Banyak yang berfikiran kalau mau sukses buka usaha maka modal yang harus dimiliki harus besar. Jangan salah, meski logika tersebut benar, tetapi untuk memulai usaha kaca film ini bisa dilakoni dengan modal seadanya. Jadi bagi Anda yang memiliki modal pas-pasan tak perlu takut memulai bisnis ini, karena kesuksesan juga bisa Anda peroleh.

Dengan uang Rp20 juta, usaha ini sudah bisa digarap. Tentu, yang Anda siapkan untuk kelas menengah ke bawah. Nah kalau untuk kelas mengah ke atas, tentu modal yang harus dikeluarkan juga semakin besar, karena kaca film yang yang harus Anda siapkan juga lebih mahal lagi.

Dengan modal tersebut saja, Anda sudah bisa meraup keuntungan hingga 40% untuk setiap mobil. Menarik bukan? Kalau ingin menarik pelanggan yang lebih luas lagi, turunkan saja sedikit keuntungannya. Sehingga banyak pelanggan lain tersedot ke bengkel Anda.

Dengan harga Rp800 ribu per mobil. besarnya keuntungan tentu sudah terbayang jika dalam satu hari saja ada tiga pelanggan yang mampir menggunakan jasa Anda. Dan dalam satu bulan berap keuntungan yang akan Anda peroleh.

Saat ini terdapat beberapa merek terkenal yang menjadi pilihan pasar, diantaranya V-Kool, Solar Guard, dan Llunmar. Tetapi, banyak pula kalangan menengah yang memilih kaca film yang tidak branded. yang jelas semua itu sangatlah menguntungkan.

Related posts