Festival-festival HUT-486 Jakarta

Festival-Festival HUT-486 Jakarta

Menyambut ulang tahun Kota Jakarta yang ke-486, ada banyak festival diadakan. Semuanya bernuansa promosi budaya daerah. Begitu banyak dan seringnya diadakan festival, Gubernur DKI Joko Widodo pun menyatakan bahwa Kota Jakarta akan disiapkan menjadi kota festival yang bertaraf internasional.

Festival Bahari

Diadakan di Pulau Pramuka dan Pulau Panggang di Kepulauan Seribu pada 8-9 Juni 2013. Selain memperingati HUT DKI, acara itu sekaligus untuk mempromosikan wisata di sana. Merupakan kerja bareng antara Pemprov DKI dengan Yayasan Kibar Indonesia.

Festival Kampung

Adalah karnaval yang menampilkan aneka kesenian budaya lokal dari 33 kecamatan yang ada di Jakarta. Diadakan pada 15-16 Juni. Ini menandakan bahwa Kota Jakarta sebagai bagian dari Budaya nasional.

Festival Ondel-ondel Internasional

Diadakan pada 30 Juni untuk memotivasi para pelajar dan masyarakat Jakarta untuk mencintai budayanya sendiri. Kegiatan ini akan diformat mirip karnaval di Pasadena (California, AS), maupun di Rio de Janeiro (Brazil). Ondel-ondel adalah ciri khas Jakarta. Festival juga akan menghadirkan seniman daerah lain seperti Magelang, Solo, Subang, Kutai, Jember. Dalam pawai ini, Gubernur Jokowi akan naik kuda menyusuri Balai Kota-Bunderan HI dan balik lagi ke Balai Kota.

Festival Palang Pintu

Palang pintu yang dimaksud adalah pertunjukan dialog dengan pantun ala Betawi saat calon temanten pria hendak meminang calon istrinya. Selain berpantun, palang pintu juga memperagakan seni bela diri silat. Dalam setiap peragaan, rombongan temanten pria selalu dimenangkan.

Setiap tahun, festival ini diadakan di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan. Di sana juga dibuka ratusan stand yang menggelar aneka makanan tradisional dan bahkan internasional, karena di sana termasuk kawasan internasional yang banyak dikunjungi para turis manca Negara. Tahun ini diadakan pada 8-9 Juni.

Festival Passer Baroe

Pasar Baru adalah satu kawasan pusat perbelanjaan di Jakarta Pusat yang sudah ada sejak zaman Belanda. Festival menampilkan pertunjukan kesenian Betawi dan bazaar aneka barang dan produk Betawi.

Jenis kesenian Betawi itu antara lain ondel-ondel, orchestra Betawi yang terkenal denganalat musik tanjidornya. Jenis makanannya adalah nasi ulam, kerak telor, laksa, dan selendang mayang.

Batavia Food Festival

Ada banyak cara kalangan hotel dan restoran di Jakarta dalam menyambut ulang tahun kota Jakarta. Di antaranya menyajikan festival kuniner Betawi. Kuniner Betawi juga mempunyai varian yang berasal dari peranakan Cina. Makanan yang akan disajikan dalam antara lain Ayam Gulung Ngohiong betawi, Ikan Gabus Pucung, Asem-asem Daging, Dodol Betawi, Kembang Goyang, Selendang Mayang, Kue Pancong.

Jakarta Car Free Night

Pada 22 Juni, kawasan Jalan Sudirman – Thamrin- Monas, Jakarta Pusat dan Selatan, tidak hanya ditutup pada pagi hari sebagai arena berolah raga, tapi malamnya juga kembali ditutup. Ada sejumlah stand pertunjungan didirikan memperingati tepat hari jadi Jakarta.

“Pak Gubernur ingin ini jadi pestanya rakyat Jakarta,” kata kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata DKI Arie Budhiman. Salah satunya adalah menampilkan drama musikal Betawi.

International Folklore Festival

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menggelar Enjoy Jakarta International Folklore Festival (EJIFF). Acara ini diikuti enam negara selain Indonesia, yaitu Mesir, China Taipei, Jepang, Singapore, Malaysia, dan Vietnam. Masing-masing neagra akan mempertunjukkan kesenian khasnya.

EJIFF akan dilaksanakan pada 26-28 Juni 2013 di tiga tempat, yaitu Sasono Langen Budoyo, TMII (26/6), Mall Taman Anggrek (28/6), dan di Pasar Gambir, PRJ, Kemayoran (27-28/6). (saksono)

Related posts