Tiga Negara Besar Dipastikan Hadir - Konferensi APEC di Bali

NERACA

Jakarta - Sejumlah kepala negara, seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin sudah mengkonfirmasi kehadirannya pada Konfrensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada Oktober 2013 mendatang. \"Hingga saat ini tidak ada kepala negara yang menyatakan berhalangan hadir, sebagaian besar sudah mengkonfirmasikan hadir, antara lain Presiden AS, Rusia, China, dan konfirmasi kehadiran terus bergulir,\" kata Menteri Luar Negeri Marty Muliana Natalegawa, usai rapat panitia nasional tingkat menteri keketuaan APEC di Jakarta, Rabu (19/6).

Semua agenda pelaksanaan APEC pada 2013, kata Marty, berjalan sesuai rencana baik dari substansi maupun teknis penyelenggaran. Salah satu hal yang menjadi fokus pemerintah kini, kata Marty adalah mencari benang merah dengan substansi kepentingan Indonesia agar dibahas pada serangkaian agenda mulilateral diplomasi yang akan berlangsung pada enam bulan ke depan.

Selain KTT APEC, pada akhir 2013, sejak September hingga Desember Indonesia juga akan terlibat dalam pertemuan KTT ASEAN, pertemuan negara-negara G-20 dan forum Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Pada kesempatan yang sama, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana mengatakan ketahanan pangan dan energi serta peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan tetap menjadi perhatian Indonesia. \"Ini sesuai dengan prioritas ke dua Indonesia di APEC yaitu \'achieving sustainable growth with equity\',\" katanya. Sementara itu, Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengungkapkan berbagai keuntungan selama persiapan APEC dan berbagai agenda yang harus dijalani.

Setidaknya, menurut Mari, selama keketuaan Indonesia di APEC pada tahun ini, terjadi 94 kali pertemuan atau kunjungan delegasi organisasi itu ke berbagai daerah di Indonesia. Dia juga menekankan perlunya kesiapan infrastruktur untuk mensukseskan perhelatan KTT APEC yang diperkirakan akan dihadiri 5000 delegasi dan media dari berbagai negara. \"Hal ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pariwisata, sekaligus untuk meningkatkan konektivitas antar masyarakat,\" tuturnya. Agenda APEC terdekat adalah pertemuan pejabat tinggi negara-negara anggota di Medan, Sumatera Utara pada 22 Juni-6 Juli 2013 yang juga akan membahas kerangka substansi dan teknik penyelenggaraan KTT APEC di Bali, Oktober mendatang. [ardi]

Related posts