SHARP Hijaukan Kawasan Pesisir

PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) tidak henti – hentinya melakukan kegiatan untuk menghijaukan bumi. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup 2013, Sharp Apresiasi Indonesia, Bakti Kami Untuk Negeri mengunjungi kota Surabaya untuk melakukan kegiatan penanaman pohon mangrove dan aksi bersih kawasan Hutan Mangrove Wonorejo

Prinsip dasar CSR PT SEID “CARES” menjadi pondasi dasar Sharp untuk terus melaksanakan kegiatan penghijauan secara berkelanjutan. Kerusakan dan penyusutan kawasan hutan mangrove di Indonesia mendorong SHARP untuk mengambil inisiatif dengan melakukan aksi nyata pelestarian Kawasan Hutan Mangrove.

“PT SEID ingin turut serta dalam menjaga dan melestarikan kekayaan alam sebagai aset berharga bangsa, Kami pun berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran, rasa cinta dan memiliki yang kuat dari para generasi muda untuk terus secara aktif menjaga serta melestarikan ekosistem mangrove,” ungkap Senior General Manager, Brand Strategy Group PT Sharp Electronics Indonesia, Yukihiro Nono.

Kali ini, Sharp bekerjasama dengan Kelompok Tani Tambak Trunojoyo sebuah kelompok tani yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pelestarian lingkungan hidup khususnya ekosistem pesisir. Difasilitasi oleh Transformasi Hijau yang merupakan perkumpulan anak muda yang peduli akan pendidikan lingkungan khususnya lahan basah, PT SEID mengundang 100 mahasiswa dari UPN dan UNAIR, PEKSIA - HIMBIO UNAIR dan anggota Kelompok Tani Tambak Trunojoyo untuk bersama-sama melakukan penanaman pohon mangrove serta aksi bersih areal Hutan Mangrove Wonorejo yang berlokasi dikelurahan Wonorejo Kecamatan Rungkut, Surabaya.

Di kegiatan ini PT SEID menanam 1.000 pohon mangrove dari jenis Bruguiera Cylindrica (bakau putih). Ekosistem mangrove memiliki fungsi tidak hanya sebagai penjaga garis pantai agar tetap stabil, melindungi pantai dari erosi laut (abrasi) dan intrusi air laut dan mengolah bahan limbah, Ekosistem mangrove juga memiliki ekonomis yang tinggi yang dapat di manfaatkan oleh peduduk sekitar.

Selain melakukan penanaman dan aksi menjaga kebersihan, PT SEID bersama mahasiswa dari PEKSIA-HIMBIO UNAIR pun mengajak seluruh peserta melakukan kegiatan pengamatan burung sebagai pengenalan keanekaragaman hayati dan belajar mengidentifikasi jenis, perilaku dan populasi burung, tidak hanya itu PT SEID juga menyumbangkan alat kebersihan dan papan himbauan untuk selalu menjaga lingkungan di kawasan Hutan Wonorejo.

”Kami sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh SHARP, benar-benar membantu Kami dalam melestarikan kawasan mangrove di daerah sini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kawasan mangrove di Surabaya dapat terus bertahan karena ekosistem mangrove sangat penting sebagai ekosistem utama pendukung kehidupan penting di wilayah pesisir dan kelautan. Semoga kegiatan ini dapat terus berjalan dan akan banyak pihak swasta yang ikut melakukan penanaman,” ungkap Cak Ratno Ketua Kelompok Tani Tambak Trunojoyo

Related posts