Citilink Operasikan Airbus Baru Untuk Lima Rute

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada konsumen, Citilink, anak perusahaan PT Garuda Indonesia Tbk secara resmi akan menggunakan Airbus A320 terbaru di lima rute, yaitu Jakarta - Bengkulu (CGK – BKS), Jakarta – Jambi (CGK – DJB), Jakarta – Semarang (CGK – SRG), Surabaya – Balikpapan (SUB – BPN), dan Surabaya-Denpasar (SUB – DPS). Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (18/6).

Kata VP Marketing & Communication PT Citilink Indonesia, Aristo Kristandyo, beroperasinya Airbus A320 terbaru ini akan memperkuat armada perseroan dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat Indonesia, khususnya di lima rute ini, “Kami yakin Citilinkers akan memiliki pengalaman terbang yang aman, nyaman, dan menyenangkan, khususnya saat libur sekolah dan musim mudik tahun ini,”ujarnya.

Dia menjelaskan, kehadiran Airbus A320 terbaru ini menggantikan operasional Boeing 737. Citilink memiliki 22 pesawat Airbus A320 dan selanjutnya akan menggunakan armada Airbus A320 untuk seluruh penerbangannya.

Sebagai informasi, Airbus A320 adalah jenis pesawat penumpang komersial jarak dekat sampai menengah yang diproduksi oleh Airbus. Pesawat yang memiliki single aisle ini merupakan pesawat penumpang pertama dengan sistem kendali fly-by-wire digital, yakni pilot mengendalikan penerbangan melalui penggunaan sinyal elektronik.

Airbus A320 adalah satu-satunya kelompok pesawat berbadan sempit (narrow-body) yang diproduksi Airbus di Toulouse, Prancis. Pesawat yang memiliki kapasitas 180 penumpang ini memiliki sebuah ECAM (Electronic Centralised Aircraft Monitor/Monitor Pesawat Elektronik Terpusat) yang memberikan informasi kepada awak pesawat mengenai semua sistem di dalam pesawat. ECAM juga menyediakan peringatan otomatis terhadap kerusakan sistem dan memperlihatkan daftar elektronik untuk membantu mengatasi kerusakan tersebut. (bani)

Related posts