Berbagi Akses Internet dengan Tethering

Wireless tethering menjadikan ponsel Anda sebagai access point untuk perangkat WiFi, sehingga Anda dapat berbagi akses internet dengan orang lain melalui jaringan ponsel Anda.

NERACA

Internet kini memang menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan. Internet menjadi kebutuhan bukan tanpa alasan, kini kehidupan semakin modern, teknologi pun semakin modern. Dengan kemajuan teknologi, kini segala bentuk aktivitas manusia bisa dipermudah, jelas ini pula karena peran internet yang sangt mendukung kemajuan teknologi.

Smartphone kini menjadi salah satu alat yang sangat mendukung kegunaan dari internet, banyak fasilitas di smartphone, tablet atau phablet yang memiliki kegunaan sangat penting. Salah satunya adalah wireless tethering, mungkin sebagian dari Anda belum mengenal apa itu wireless tethering. Jika ponsel Anda memiliki kemampuan wireless tethering itu berarti ponsel Anda dapat menjadi access point untuk perangkat WiFi Anda sehingga dapat mengakses Internet melalui jaringan ponsel Anda.

Simpelnya, Anda dapat membagikan koneksi internet ponsel Anda ke perangkat WiFi Anda misalnya laptop Anda. Kurang lebih ponsel Anda menjadi sebuah ‘modem’ yang bisa diakses secara nirkabel melalui WiFi. Jelas ini sangat membantu kita ketika kita membutuhkan jaringan internet. Tethering memudahkan kegiatan kita, karena kita tidak perlu lagi membuhtuhkan modem atau tidak perlu lagi kerepotan untuk mengisi pulsa internet modem atau pun membawa-bawa modem saat kita berpergian jauh. Terkadang membawa modem sangatlah merepotkan, selain bentuknya kecil yang mudah terselip, terkadang modem juga merusak penampilan laptop kita saat dicolokan modem.

Namun hal yang terpenting, gadget yang kita miliki haruslah memiliki fasilitas tethering. Selain itu tidak lupa pua mengisi pusa atau paket internet pada perangkat gadget kita. Namun kelemahan dari tethering ialah batrei ponsel kita cepat habis. Umumnya ponsel Android, Apple atau Blackberry level high sudah dilengkapi oleh fasilitas ini. Selain batrei ponsel kita cepat habis, terkadang ponsel kita pun cepat panas saat digunakan tethering. Namun kelebihannya, kita bisa tetap menggunakan ponsel atau gadget kita untuk berinternet walaupun fasilitas tethering sedang kita gunakan.

Ada satu perangkat wireless kita juga bisa manfaatkan untuk tethering, yaitu Bluetooth. Bluetooth wireless dahulu digunakan sebelum tethering wifi ada, namun berbeda dengan tethering wifi, Bluetooth wireless jarak jangkaunya cukup pendek, tidak sejauh tethering wifi. Selain ini Bluetooth wireless juga terkadang tidak tahan terhadap guncangan, bila terlalu banyak bergerak, sambungan internetnya mudah untuk terputus. Namun tidak berbeda jauh dengan tethering wifi, tethering wifi pun tetap membutuhkan sinyal yang baik dari provider yang kita gunakan.

Kini fasilitas tethering telah banyak disematkan dimacam-macam gadget, tidak hanya smarphone, tab, phabet, di laptop pun sudah lama ada. Namun pada umumnya, fasilitas tethering hanya ada pada perangkat gadget yang menengah dan high saja. Jadi Tethering merupakan salah satu fitur yang penting pada smartphone atau perangkat gadged Anda. Tethering sering digunakan untuk menjadikan ponsel Anda sebagai mobile hotspot.

Itu berarti memungkinkan Anda untuk terhubung ke Internet menggunakan komputer melalui koneksi data yang ada pada ponsel, dengan kata lain menjadikan ponsel Anda sebagai modem namun melalui konektivitas WiFi. Tethering sangat berguna jika Anda kebetulan berada di daerah yang tidak memiliki WiFi gratis dan Anda perlu melakukan komputasi pada perangkat selain ponsel Anda

Related posts