Bank Dunia Dukung Revolusi Transparansi Data

NERACA

Jakarta - Bank Dunia mendukung adanya revolusi transparansi data perpajakan dan perdagangan di bidang perekonomian yang dinilai akan dapat membantu pertumbuhan, khususnya di negara-negara berkembang. \"Revolusi transparansi dapat menjadi kunci untuk mempercepat pertumbuhan negara-negara,\" kata Direktur Pengelola Bank Dunia, Caroline Anstey, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, pekan lalu.

Menurut Caroline, informasi dan partisipasi dari semua pemangku kepentingan, baik itu pemerintah, LSM, maupun sektor swasta, terhadap revolusi transparansi adalah inti dari efektivitas pembangunan. Untuk itu, Bank Dunia juga telah meluncurkan \"Kemitraan Kontrak Terbuka\" yang akan memastikan keterbukaan dan partisipasi yang efektif di dalam berbagai kontrak publik.

Lembaga keuangan multilateral itu juga mendukung peluncuran situs Indeks Data Perusahaan Terbuka di http://registries.opencorporates.com yang berisi data dari bagaimana negara-negara memberdayakan transparansi informasi mengenai berbagai perusahaan yang terdaftar.

Data dalam situs tersebut juga dinilai bermanfaat sebagai perangkat set data transnasional yang dapat menolong untuk menghambat korupsi serta memperdalam analisis mengenai tingkat daya saing sehingga transparansi diharapkan juga akan bermanfaat bagi perusahaan sektor swasta.

Caroline menegaskan, untuk mengatasi isu kompleks, seperti perdagangan dan perpajakan, maka penting untuk dipastikan bahwa pembangunan di suatu negara akan berlangsung secara terbuka, transparan, dan fokus kepada anggota masyarakat yang paling rentan dan benar-benar membutuhkan manfaat pembangunan. [ardi]

Related posts