Pemerintah Perkuat Pembinaan Budaya

NERACA

Bandung – Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Jero Wacik, ketika menjadi nara sumber dalam acara Silatnas yang berlangsung, Sabtu (25/6) di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, menegaskan pemerintah akan terus memperkuat pembinaan budaya.

Semangat penguatan pembinaan budaya, sejalan dengan arahan Presiden RI, yang menegaskan pariwisata penting tetapi kebudayaan lebih penting karena kebudayaan berhubungan dengan identitas bangsa.

Dalam rangka memperkuat pembinaan budaya, warisan Budaya Indonesia telah diakui oleh UNESCO, yaitu Wayang Indonesia pada tahun 2003, Keris Indonesia tahun 2005, Batik Indonesia tahun 2009 dan Angklung Indonesia tahun 2010.

Sejalan dengan pencapaian upaya tersebut, di tahun ini, Pemerintah telah mengusulkan kepada UNESCO, antara lain : Kerajinan Tangan Papua, untuk list in need of urgent safeguarding, Tari Tradisional Bali untuk representative list of intangible cultural heritage of humanity serta Taman Mini Indonesia Indah untuk register of best practices.

Dalam rangka penguatan pembinaan budaya, dalam tahun ini, pemerintah mempunyai beberapa target program yaitu : penetapan 100 cagar budaya/situs, inventarisasi 1.000 karya budaya, revitalisasi 30 museum dan penerbitan 24 buku dengan tema buku karakter modal membangun bangsa.

Jero Wacik, menambahkan dalam bidang pariwisata, di tahun ini pemerintah mempunyai target yaitu terbentuknya program PNPM Mandiri bidang pariwisata di 569 desa.

BERITA TERKAIT

MNC Investama Bakal Konversi Saham Ke Kreditur - Perkuat Kondisi Keuangan

NERACA Jakarta – Pangkas beban utang guna menciptkan kinerja keuangan yang sehat, PT MNC Investama Tbk (BHIT) berencana melakukan restrukturisasi…

Pemerintah Sarankan Badan Usaha Jual Avtur

    NERACA   Jakarta - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko…

Pemerintah Serap Rp20 Triliun dari Lelang SUN

      NERACA   Jakarta - Pemerintah menyerap dana Rp20 triliun dari lelang lima seri Surat Utang Negara (SUN)…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

Proyek Hunian Vertikal Dibangun di Jakarta Timur

Proyek Hunian Vertikal Dibangun di Jakarta Timur NERACA Jakarta - Proyek hunian vertikal kini menjadi jalan keluar sebagian warga Jakarta…

Harga Telur di Sukabumi Tetap Masih Tinggi - Meskipun Ada Penurunan Harga

Harga Telur di Sukabumi Tetap Masih Tinggi Meskipun Ada Penurunan Harga NERACA Sukabumi - Meskipun ada penurunan harga, namun harga…

Ubud Bali, Butuh Sentuhan Kearifan Lokal

Ubud Bali, Butuh Sentuhan Kearifan Lokal NERACA Ubud Bali - Meski masih menjadi destinasi utama dunia, namun industri pariwisata (tourism)…