MNC Kapital Terbitkan Obligasi Rp 500 Miliar

Setelah menguras dananya membeli 30% saham Bank Bumiputera, maka untuk kembali meningkatkan permodalan PT MNC Kapital Tbk (BCAP) akan melakukan penerbitan obligasi berkelanjutan I tahun 2013 dengan nilai maksimal Rp500 miliar, dimana obligasi ini berjangka waktu 5 tahun hingga 2018.

Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (13/6). Disebutkan, obligasi ini dijamin dengan saham-saham Bhakti Investama Tbk selaku induk perseroan di MNC Kapital dengan nilai jaminan 1,5 kali dari nilai emisi.

Dana hasil penerbitan obligasi ini akan digunakan MNC Kapital untuk menambah kas guna pengembangan usaha anak perusahaan, melakukan pelunasan hutang dan melakukan investasi portofolio.

Sebelumnya, perseroan pernah merencanakan untuk melakukan penambahan modal tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) sebanyak-banyaknya 149.988.567 saham dengan nilai nominal Rp100 atau 10% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh.

Dana hasil penambahan modal tanpa HMETD ini akan digunakan untuk modal kerja Perseroan dan entitas anak. Manajemen perseroan melihat industri jasa keuangan yang tumbuh pesat selama beberapa tahun terakhir ini masih memiliki potensi besar untuk melanjutkan kinerja positifnya.

Hal itu ditunjang oleh pertumbuhan industri lain seperti industri otomotif dan pertambangan, serta meningkatnya daya beli dan kapasitas meminjam dari rata-rata penduduk Indonesia. (bani)

Related posts