Kalangan Anak, Jadi Segmen Pasar Paling Tepat - Berjualan Perlengkapan Sekolah

Anda yang masih bingung untuk membuka usaha, saat ini ada peluang besar yang mampu dimanfaatkan untuk mendulang rezeki. Maklum, sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru. Para orangtua pastinya ingin yang terbaik soal sekolah anaknya.

Ya, saat ini jumlah anak usia sekolah yang besar merupakan peluang pasar tersendiri. Bisnis seperti berjualan perlengkapan sekolah dan alat tulis sangat pas digarap saat ini. Maklum, peralatan seperti buku tulis, pensil, pulpen, penggaris, kotak pensil, dan lain-lain pasti sangat dibutuhkan. Karena semua itu merupakan sebagian dari kebutuhan sekolah anak yang cukup laris di pasaran.

Seperti diutarakan sebelumnya kalau ingin menuai sukses Anda harus fokus menggarap bisnis ini sesuai segmen yang Anda inginkan. Seperti menggarap mislanya menggarap segmen pasar anak-anak, atau segmen lainnya.

Kalau segmen anak-anak yang Anda bidik, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, sehingga barang yang Anda jual memanglah barang yang dibutuhkan atau dicari kalangan anak-anak. Masalnya, anak-anak itu memiliki selera tersendiri dalam memilih alat tulis sekolah.

Mereka tidak hanya sekedar melihat fungsi tapi juga melihat model, warna, dan desain. Anak-anak terkadang tidak puas dengan buku tulis yang polos. Mereka lebih memilih buku tulis yang berwarna warni, apalagi yang ada gambar tokoh idolanya.

Nah, hal-hal seperti inilah yang harus ditangkap beberapa pedagang agar barang dagangan mereka laku keras. Untuk memperolehnya pun tidaklah sulit.karena itu berhasil ditangkap dengan baik oleh beberapa produsen buku tulis. Mereka mencetak buku tulis yang menarik dengan pilihan gambar dan warna yang cerah.

Salah satu jenis buku tulis yang sempat digemari oleh anak-anak beberapa waktu yang lalu adalah buku unik penuh dengan gambar tokoh dan karakter yang sedang tren di kalangan anak-anak. Oleh karena itu, di setiap sudut pusat perbelanjaan atau sudut sekolah banyak ditemukan pedagang yang menjual buku tulis seperti itu.

Disamping itu alat tulis seperti pensil, pulpen, dan penggaris juga tetap mempunyai pasar yang luas. Pasalnya, semua perlengkapan itu merupakan kebutuhan utama bagi anak-anak. Apalagi anak-anak seringkali kehilangan perlengkapan itu.

Bukan karena mereka lupa dimana meletakkan semua perlengkapan tersebut. Tetapi karena peralatan tersebut dipinjamkan kepada teman dan tidak kembali. Sontak, orangtua harus membelikan peralatan tulis yang baru. Karena peralatan tersebut merupakan peralatan primer yang harus dimiliki anak.

“Kalau anak-anak kan seperti itu, bukan perlengkapan alat tulis mereka hilang karena lupa meletakkan dimana, tetapi dipinjami teman dan tidak dikembalikan. Saya saja seringkali merasa kemarin baru beli ini, kok sudah minta dibelikan lagi,” ujar Yana yang memiliki anak kelas IV SD itu.

Akibatnya, agar tidak kedodoran, orangtua seperti Yana, membelikan anak mereka peralatan tulis di pusat grosisr. Karena harganya lebih murah. Tetapi masalahnya, tak semua orangtua bisa membelikan semua peralatan sekolah yang dibutuhkan anaknya di pusat grosisr. Dan mereka lebih memilih untuk membelikan peralatan sekolah di dekat rumah mereka.

Related posts