Tips Membuka Bisnis Perlengkapan Sekolah

Seperti kita ketahui, saat ini adalah saat yang tepat untuk membuka usaha penjualan peralatan sekolah. Maklum, sesaat lagi para pelajar di Indonesia akan memasuki tahun ajaran baru. Pastinya, mereka juga membutuhkan alat tulis dan peralatan belajar lainnya saat berganti kelas. Sontak ini jadi peluang usaha tersendiri bagi orang-orang yang memiliki jiwa usaha. Tetapi agar bisa sukses menjalani bisnis ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, berikut ini beberapa diantaranya.

Strategi bisnis

Untuk yang satu ini, sebaiknya ikuti tren yang sedang berkembang dan melihat kalender sekolah. Kalau sekarang tahun ajaran baru maka tidak ada salahnya fokus berjualan buku tulis atau tas sekolah. Hal ini tentu akan lebih prospek. Untuk itu pilihlah desain produk yang sesuai dengan karakter dan tokoh yang sedang digemari oleh anak.

Modal

Berjualan peralatan sekolah tidak harus dengan modal besar. Anda bisa mulai dengan modal Rp500.000 atau sesuaikan saja dengan kesiapan modal yang Anda miliki. Sementara itu, harga jualnya nanti bisa sampai 2 kali lipat dari modal. Bahkan beberapa produk bisa mendatangkan keuntungan lebih dari 50%, terutama produk yang unik dengan gambar dan desain yang sedang tren.

Lokasi yang cocok

Sebaiknya perhatikan hal berikut ini, untuk itu pilih lokasi jualan di dekat sekolah dan di tempat-tempat yang banyak dikunjungi anak-anak. Kalau punya modal lebih ada baiknya membuka toko di sekitar sekolah atau di pasar. Anda juga boleh mencoba berjualan di pasar-pasar kaget yang diadakan setiap hari minggu. Biasanya lokasi ini banyak dikunjungi oleh anak-anak bersama orang tuanya.

Beli produk di pusat grosir

Seperti diutarakan sebelumnya, kalau untuk dipakai mungkin tidak masalah membeli peralatan tersebut di toko-toko terdekat. Tetapi kalau untuk dijual kembali, membeli produk di pusat grosir lebih tepat, karena harga yang ditawarkan pasti lebih murah, sehingga keuntungan yang akan diraih juga semakin besar.

Related posts