Line Keluarkan Stiker Unik - Demi Lestarikan Orangutan

Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren anak muda jaman sekarang, kini berbagai media sosial baru tengah bermunculan. Beberapa media sosial yang tengah digandrungi oleh anak muda itu adalah Whatsapp, Kakao Talk, Line, dan lain-lain.

Meski persaingan sengit terjadi di kancah aplikasi mobile messenger, tak lantas membuat Linelemahdalam menjaring pengguna. Hal ini dibuktikan dengan sejak diluncurkan pada Juni 2011 lalu, LINE telah diunduh 160 juta pengguna di 231 negara. Sedangkan di Indonesia, aplikasi ini telah diunduh 23 juta orang.

Tak ayal, salah satu diva pop Indonesia, Agnes Monica kepincut dan menjadi salah seorang pengguna setia Line. Dia yang mengaku cukup familiar dengan aplikasimobile messengerini mengatakan bahwa Line dapat menjadi alat berkomunikasi yang paling efisien dan dinamis serta dapat mempererat hubungan antara teman dan keluarga.

Sejak awal peluncuran di Indonesia, Line telah meluncurkan berbagai seri kampanye yang secara khusus didesain untuk pengguna lokal, salah satunya adalah dukungan untuk kampanye pelestarian Orangutan. Dukungan tersebut diwujudkan secara khusus oleh Line dengan membuat dan menjual stiker asli seri Orangutan.

Ya, bagaimanapun, untuk melestarikan lingkungan bisa dilakukan dengan banyak cara. Seperti cara unik yang dilakukan WWF Indonesia dan Line dalam sebuah kerjasama yang tengah dilakukan, yakni dengan mengeluarkan stiker seri Orangutan yang bisa diunduh secara gratis maupun berbayar di LINE. Untuk mendukung kerja sama tersebut, Line memberikan donasi senilai Rp 750 juta bagi WWF Indonesia.

“WWF adalah lembaga non pemerintah pertama di dunia yang dipilih oleh perusahaan aplikasi ini untuk pelestarian hewan. Kami memilih Indonesia karena kekayaan alamnya sehingga mendukung program kami, terutama pelestarian Orangutan,”kata General Manager of Global Line Business, Simeon Cho.

Selain sebagai kampanye pelestarian Orangutan, aksi ini dibuat dalam rangka menyemarakkan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April. Melalui aksi ini, WWF dan Line ingin mengajak seluruh masyarakat, khususnya anak muda agar lebih memahami tentang upaya konservasi dan pelestarian yang dilakukan oleh WWF-Indonesia terhadap Orangutan.

Pelestarian Orangutan sangat penting. Karena, dalam rantai makanan, spesies ini punya fungsi untuk menyebarkan biji-bijian di hutan. Jadi melalui aksi WWF dan Line ini tidak hanya Orangutan saja yang terselamatkan, tetapi juga untuk keseimbangan hutan dan ekosistem secara keseluruhan.

Saat ini Indonesia punya dua jenis Orangutan, yaitu Orangutan Sumatera (Pongo abelli) dan Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus). Menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources), kedua jenis spesies ini sudah masuk dalam fase kritis dan terancam punah. Punahnya Orangutan ini dikarenakan perburuan dan perdagangan liar. Saat ini, tersisa Orangutan Sumatera dengan jumlah sekitar 7,500, sedangkan Orangutan sekitar 45,000-69,000 yang hidup di alam.

Bagi yang ingin berpartisipasi penyelamatan orangutan dan menjaga ekosistem yang ada, para pengguna LINE dapat mengunduh 8 stiker Line gratis seri Orangutan via Line Messenger. Untuk setiap stiker yang diunduh, Line akan mendonasikan sebesar Rp1.000 kepada WWF-Indonesia. Selain itu, ada juga 24 stiker berbayar bertema Orangutan berbayar. Dari setiap stiker yang diunduh, Line akan mendonasikan sebesar Rp9.000 kepada WWF Indonesia.

Related posts