HSBC Targetkan Nilai Transaksi Capai 20% - Pertumbuhan Kartu Kredit

NERACA

Jakarta - Bank HSBC menargetkan pertumbuhan nilai transaksi kartu kredit di atas nilai transaksi kartu kredit industri yang tumbuh sebesar 20% atau mencapai Rp200 triliun pada akhir 2012. \"Kami menargetkan nilai transaksi kartu kredit pada tahun 2013 lebih besar daripada target industri yang mencapai 20%. Target ini juga memperhitungkan Peraturan BI dan pertumbuhan middle income (kelas menengah),\" kata Head of Costumer Value Management HSBC Indonesia, Vira Widyasari di Jakarta, Selasa (11/6).

Vira menuturkan bahwa target pertumbuhan nilai transaksi kartu kredit tersebut mempertimbangkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran Dengan Menggunakan Kartu. \"Kami sudah memperhitungkan kepemilikan kartu kredit oleh nasabah yang dibatasi untuk memegang dua atau tiga kartu,\" ujarnya.

Terkait dengan pertumbuhan kelompok kelas menengah di Indonesia yang pada akhir 2012 mencapai angka 50 juta jiwa juga dinilai telah sejalan dengan target yang ditetapkan. Saat ini, lanjut Vira, HSBC sudah menerbitkan 850 ribu kartu kredit, dan 60% di antaranya dimiliki oleh kelompok menengah ke atas.

\"Dari 60% itu, sebesar 40% ditransaksikan di Singapura,\" tuturnya. Adapun strategi yang digunakan untuk mencapai target di atas 20% itu, Vira mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan momen tren belanja fesyen pada Juni ini di tiga negara tetangga, yakni Singapura, Malaysia, dan Hong Kong.

\"Seiring dengan tren fesyen, biasanya dalam setahun ada dua sale period, mid year sale, end of year sale. Jadi, pada bulan Juni ini biasanya penuh dengan beragam sale, baik di dalam maupun luar negeri,\" ujar Vira.

Penggunaan kartu kredit HSBC pada kategori fesyen sendiri memang menjadi penyumbang tertinggi transaksi kartu kredit, yakni rata-rata penggunaannya mencapai 55%, jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kartu kredit lainnya. Rata-rata penggunaan nasabah kartu kredit HSBC di kategori fesyen juga mencapai 21% lebih tinggi dibandingkan dengan nasabah kartu kredit lain. [ardi]

Related posts