Kategori Buku 2, BPD Bali Meraih Peringkat Pertama - HUT Ke-51

NERACA

Denpasar - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali menunjukkan kinerja yang memuaskan selama periode 2012 sehingga meraih peringkat satu untuk kategori buku dua atau bank dengan modal inti Rp1 triliun sampai di bawah Rp5 triliun.

\"Prestasi ini adalah kado indah perayaan HUT ke-51. Semua itu dapat diraih berkat kerja keras semua komponen di bank ini dari jajaran komisaris, direksi sampai karyawan,\" kata Direktur Utama BPD Bali, I Wayan Sudja di Denpasar, Bali, Selasa (11/6).

Prestasi itu sangat mengesankan karena Bank BPD Bali, sebutan dari lembaga keuangan itu, mampu mengungguli 28 bank lainnya yang berkinerja tak kalah bagus, dengan raihan nilai 97,18%. Kado spesial lainnya yang berhasil dipersembahkan adalah menempati peringkat teratas dari sepuluh terbaik untuk golongan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Sedangkan untuk golongan devisa prestasi yang ditorehkan juga tak kalah hebatnya yakni mampu menembus peringkat kedua di bawah Bank Rakyat Indonesia. \"Semua prestasi itu berdasarkan penilaian majalah Infobank terbitan Juni 2013. Sedangkan berdasarkan majalah lainnya, Investor, kami masuk dalam \'50 Best Bank 2013\',\" ujarnya Berdasarkan penilaian dari salah satu majalah bisnis ternama tersebut BPD Bali juga berpredikat \"The Best Performance Bank\".

Semua itu juga berkat kepercayaan masyarakat yang tinggi dan tentunya akan terus berusaha lebih baik ke depannya. Dia mengatakan, untuk merealisasikan rencana besar menjadi \"regional champion\" pada 2014 pihaknya telah mengambil sejumlah langkah penting termasuk mengenalkan visi dan misi menjadi bank terkemuka dalam melayani usaha kecil menengah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Bali.

Menurut Wayan, potensi bisnis UMKM di Pulau Dewata sangat besar terutama pada sektor perdagangan, pertanian, pariwisata, perhotelan dan restoran. Ada tiga pilar yang ditetapkan untuk mendukung visi tersebut yakni fokus pada ketahanan kelembagaan yang kuta, kemampuan sebagai agent of regional development dan kemampuan untuk melayani masyarakat.

Sepanjang 2012, Bank BPD Bali mencatat pertumbuhan asset sebesar 19,3%, yakni menjadi Rp12,6 triliun. Dana Pihak Ketiga yang berhasil dihimpun tumbuh sebesar 19,9% atau menjadi Rp10,5 triliun. Sedangkan kredit yang disalurkan hingga Desember tahun lalu mencapai Rp8,5 triliun dengan laba operasional sebesar Rp 507,95 miliar. Triwulan I 2013, aset Bank BPD Bali telah meningkat menjadi Rp 13,6 triliun, kredit menjadi Rp8,8 triliun dan dana menjadi sebesar Rp11,5 triliun. [ardi]

Related posts