Siasat Menghadapi Diskon Besar-besaran

Diskon besar-besaran memang seringkali membutakan mata. Serasa seperti aji mumpung, dimana akhirnya kita menghabiskan uang kita untuk membeli semua barang yang di diskon. Berikut ini adalah beberapa tips penting dalam menghadapi diskon besar-besaran yang membuat diri kita lupa akan segalanya.

Pastikan membeli karena kebutuhan bukan karena keinginan. Belanja saat diskon memang ada manfaatnya jika barang yang dibeli memang dibutuhkan dan bukan hanya semata-mata, karena keinginan membeli padahal belum tentu barang tersebut benar-benar dibutuhkan.

Membeli sesuai kebutuhan yang sudah direncanakan dan dianggarkan. Namun, biasanya dengan iming-iming diskon besar, apalagi hingga 70%. Oleh karena itu, tetap fokus pada kebutuhan yang sudah direncanakan dan dianggarkan.

Bandingkan harga sebelum diskon dan pada saat diskon. Sebelum diskon dimulai, cek dulu harga-harga normalnya, dan ketika diskon apakah memang harga lebih murah dari harga normal sebelum didiskon atau jangan-jangan harga dinaikkan dulu baru kemudian diberikan diskon.

Perhatikan kualitas barang, perhatikan barang-barang yang didiskon apakah masih baik kualitasnya. Artinya barang yang didiskon memang, karena harus terjual habis yang akan berganti model, dan bukan karena barang sudah tidak bagus lagi atau ada cacat.

Perhatikan barang-barang yang masih Anda miliki. Coba periksa kembali barang-barang yang Anda beli pada saat diskon yang lalu, apakah benar-benar Anda gunakan dan memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Diskon bukan artinya kewajiban berbelanja. Bukan berarti harga sedang murah dan Anda harus membeli. Saat diskon adalah dimana biasanya seseorang justru cenderung untuk berbelanja banyak dan mengeluarkan uang melampaui kebiasaan saat tidak ada diskon.

Siapkan budget, dengan tunduk pada budget, pengeluaran Anda akan lebih terkontrol. Mengingat masih banyak yang harus Anda siapkan untuk kehidupan kedepan, jangan sampai Anda bangkrut hanya karena diskon. Bawa uangcash. Selain agar lebih mudah untuk bertransaksi, juga untuk membatasi diri agar tidak tergoda untuk menggunakan kartu kredit secara berlebihan.

Jangan belanja sendirian. Ajak pasangan atau teman, selain bisa dimintai pendapat untuk barang yang Anda beli, partner belanja Anda juga bisa mengingatkan Anda ketika Anda mulai tertarik barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.

Related posts