Menikmati Sensasi Keunikan Budaya Masyarakat Dieng - Dieng Culture Festival IV

Dieng merupakan kawasandataran tinggidiJawa Tengah, yang masuk wilayahKabupaten BanjarnegaradanKabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro danGunung Sumbing.

NERACA

Dieng tak hanya terkenal akan keindahan wisata alamnya saja, keunikan budaya menjadi daya tarik tersendiri. Selama 3 tahun terakhir (DCF) Dieng Culture Festival menjadi magnet baru wisata di Jawa Tengah. DCF atau Dieng Culture Festival adalah pesta rakyat terbesar di pegunungan Dieng, yang diselenggarakan setiap tahun hanya sekali. Menampilkan ruwatan cukur rambut gembel yang telah lama melegenda, atraksi seni budaya, wayang kulit dan pameran kerajinan khas pegunungan Dieng.

Dieng Culture Festival (DCF) IV kembali digelar pada29-30 Juni 2013. Berlatarkan panorama pegunungan yang disebut sebagai tempat bersemayamnya para dewa, festival budaya tradisional ini akan dilaksanakan di kompleks Candi Arjuna,Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara,Jawa Tengah. Untuk memeriahkan DFC IV ditampilkan pula nominasi Festival Film Dieng dan gelaran Jazz di atas awan.

Semua akan kagum, dengan satu pertunjukan ini. Penari-penari rampak yakso bak prajurit perkasa di kahyangan Dieng, dengan baju merahnya yang menyala berani. Memberi ritme pada setiap gerakanya, alunan musik itu menyatu pada suasana alam. Inilah satu atraksi yang tak boleh dilewatkan begitu saja dalam pameran seni budaya (Dieng Culture Festival).

(DCF) Dieng Culture Festival adalah Satu moment yang paling ditunggu-tunggu di pegunungan Dieng. Satu event yang paling spektakuler, dan satu peristiwa yang paling langka. Perpaduan antara keindahan alam dan keunikan budaya menjadikan Dieng sebagai tujuan wisata paling bergengsi di tahun 2013.

Tahun 2013 membawa angin segar pada dunia pariwisata Dieng, Jawa Tengah selain menjadi daerah destinasi visit jateng 2013. Dieng Culture Festival yang akan diselenggarakan tahun ini akan lebih meriah dengan agenda dan acara-acara yang mengagumkan. Kunjungilah Dieng, temukan tiap jengkal kindahanya dan nikmati atraksi budayanya dalam Dieng Culture Festival IV tahun 2013.

Salah satu ritual yang banyak dinantikan dalam Festival Budaya (Dieng Culture Festival) adalah ritual potong rambut gembel, pada puncak acara si anak rambut gembel dinaikan ke kereta dan diiringi oleh manggolo yudho dan diiringi oleh berbagai macam kesenian yang ada di dataran tinggi Dieng, kemudian anak-anak berambut gimbal ini dijamasi dan dipotong rambutnya. Setelah itu rambut akan dilarung ke sungai atau ke telaga yang airnya mengalir menuju ke selatan sebagai wujud pengembalian rambut.

Di Dataran Tinggi Dieng anda bisa mendapatkan semuanya. Dimulai dari menikmati golden sunrise di Bukit Sikunir. Lalu menikmati keindahan alam di Telaga Warna, Telaga Pengilon, Candi-candi Kuno dan kawah Sikidang. Kemudian menyaksikan festival budaya terbesar di Dieng (Dieng Culture Festival). Kita juga akan memanjakan lidah dengan menikmati Mie Ongklok, carica dan kopi purwaceng.

DFC IV terlaksana atas kerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara dan Kelompok Sadar Wisata \"Dieng Pandawa\" di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batu. Penyelenggaraan DCF IV ini selain sebagai upaya pelestarian budaya warisan leluhur sebagai jati diri bangsa, juga untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Dataran Tinggi Dieng.

Untuk menuju ke dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah, Anda dapat berkendara sekira 3 jam perjalanan dari Yogyakarta atau 25 km dari Wonosobo. Apabila Anda memanfaatkan moda transportasi umum maka dapat menggunakan bus dariYogyakartake Magelang lalu ke Wonosobo. Dari Wonosobo melanjutkan dengan minibus menuju Desa Dieng. Berikutnya kawasan Dieng dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari Desa Dieng.

Related posts