Permodalan, Kunci Perkembangan Bank

NERACA

Jakarta - Direktur Utama PT Bank OCBC NISP Tbk, Parwati Surjaudaja, mengatakan permodalan merupakan salah satu kunci bagi perkembangan bank sehingga pihaknya terus berupaya menambah permodalan dan likuditas. \"Belajar dari pengalaman krisis tahun 1997-1998 dan tahun 2008. Semuanya itu ada di permodalan kuncinya. Kalau kredit tumbuh 20%, idealnya likuiditas juga tumbuh 20%,\" kata dia di Jakarta, Kamis (6/6).

Oleh karena itu, lanjut Parwati, untuk memenuhi kebutuhan likuiditas, OCBC NISP berusaha menghimpun dana. Selain dari dana pihak ketiga, OCBC NISP juga menerbitkan obligasi atau surat utang jangka menengah atau medium term notes (MTN) pada April 2013 sebesar Rp900 miliar. Selain itu, OCBC NISP juga berupaya untuk mengakses pasar modal dengan melakukan penawaran saham pada triwulan II tahun 2012. Untuk kembali melakukan penawaran saham, Parwati mengatakan akan mencermati terlebih dahulu situasi yang ada.

\"Langkah rights issue serta akses ke pasar modal dan pasar uang memang harus dilakukan. Namun, kami masih mempertimbangkan apakah perlu melakukan penawaran saham umum perdana atau hanya obligasi saja,\" tuturnya. Dari sisi permodalan, Parwati mengatakan, pihaknya memang menginginkan pertumbuhan usaha. Namun, dia menyatakan masih perlu beberapa investasi terutama pada sistem dan jaringan karena perubahan yang sangat pesat. \"Dengan investasi yang banyak itu, apakah return bisa seimbang? Karena itu, memang perlu penambahan modal,\" papar dia. [ardi]

Related posts