Perancis Incar Sasar Enam Sektor - Kerja Sama dengan Indonesia

NERACA

Jakarta - Pemerintah Perancis dan Pemerintah Indonesia akan melakukan kerja sama enam sektor strategis. Adapun sektor yang dimaksud yaitu investasi dan perdagangan, energi dan pertambangan, makanan, lingkungan hidup, teknologi, serta transportasi dan infrastruktur. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyambut baik keinginan Perancis yang ingin mengembangkan hubungan kedua negara sebagai mitra strategis.

“Kami bersama-sama bertekad meningkatkan kembali hubungan kedua negara yang selama ini belum tergali secara maksimal,” kata Hatta di Jakarta, Rabu (5/6). Dia juga mengusulkan untuk membentuk enam kelompok kerja (joint commission). Pertama di bidang investasi dan perdagangan, kedua bidang energi dan pertambangan, ketiga di bidang makanan, keempat environment, kelima teknologi, dan terakhir transportasi dan infrastruktur. Sambutan baik datang dari Pemerintah Perancis atas pembentukan kelompok-kelompok kerja tersebut.

Sementara Menteri Perdagangan Luar Negeri Perancis Nicole Bricq menyambut baik rencana joint commission antara Perancis dan Indonesia melalui enam bidang tersebut kedua negara bisa lebih kongkrit mengindentifikasi proyek-proyek yang dapat meningkatkan hubungan kerja sama kedua Negara. Nicole juga mengatakan bahwa delegasi perusahan-perusahan Perancis memiliki keinginan untuk melakukan investasi lebih besar ke Indonesia.

Negara-negara ASEAN, lanjut Nicole, merupakan prioritas bagi Pemerintah Perancis dan di dalam ASEAN. Indonesia merupakan sumber prioritas tujuan investasi Perancis. Hal tersebut wajar adanya karena Indonesia mempunyai pasar yang mendominasi ASEAN, di mana 40% penduduk ASEAN ada di Indonesia dengan negara pertumbuhan tertinggi di ASEAN, setelah Filipina. [iqbal]

Related posts