Jadikan Usaha Kecil Anda Mendunia

Persaingan pasar kini memang terlihat kian ketat, tak hanya pebisnis besar pebisnis kecil pun terkena dampaknya. Namun inilah tantangan bagi pelaku UKM untuk tampil meningkatkan diri dan memiliki daya saing dipasar global.

Selain kemauan kuat untuk memajukan bisnis anda, diperlukan Langkah kongkrit untuk meningkatkan daya saing UKM. KeberhasilanUKM di pasar modern perlu kerja keras dengan melakukan adaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada.

Lihat saja, bagaimana penetrasi pengusaha raksasa memasuki segmen pasar UKM, seperti kemunculan minimarket, supermarket, hingga hypermart dan sejenisnya. Produk buah-buahan dan sayuran yang selama ini menjadi lahan bagi kelompok UKM, melalui pasar tradisional, semakin tergusur oleh kehadiran mereka.

Yang pasti, konsumen akan segera beralih ke swalanyan nyaman dan sejenisnya, karena menawarkan produk yang lebih baik dan kemasan yang lebih menawan. Pasar tradisional yang menjadi basis pedagang dalam kelompok UKM, tidak dipilih lagi oleh pembeli karena lokasinya tidak nyaman karena faktor kebersihan atau pelayanan yang member kenyamanan lainnya.

Melekatnya ungkapan “pembeli adalah raja” menjadi filosofi tersendiri bagi para pengusaha. Ya, pembeli bisa memilih secara bebas apa yang dikehendaki berikut daftar harga tanpa harus repot bertanya dan meminta bantuan orang lain. Jika pelaku UKM tidak merespon dengan cepat maka eksistensinya semakin terpinggirkan.

Karena itu, ada beberapa langkah agar Usaha Kecil Dan Menengah ikut terlibat dalam perubahan ini dan tidak tergusur oleh perubahan zaman. Caranya? Andil aktifitas bisnia pasar modern dengan menjadi suplayernya atau setidaknya memiliki organisasi bisnis yang memadai, karena semua sistem bisnis di pasar modern dikelola melalui manajemen modern. Karena mau tidak mau , UKM harus mengubah pola manajemen menjadi manajemen yang modern dan maju.

Sebaliknya bagi para pelaku UKM harus memahami mekanisme dan sistem bisnis yang berlaku di pasar modern, untuk itu pelaku UKM harus mengetahui titik-titik penting yang berkaitan dengan distribusi, purchasing dan mekanisme pembayaran serta aturannya yang berlaku di pasar modern.

Sebab, sesuai dengan kondisi serta perubahan dan persaingan usaha yang semakin ketat belakangan ini, tak pelak pula membuat kualitas layanan menjadi parameter kunci bagi suksesnya UKM di pasar modern. Karena itu, diperlu langkah-langkah untuk meningkatkan daya saing UKM di pasar global, berikut beberapa diantaranya.

Pertama, memenuhi trading term yang tekah disepakati. Biasanya Supliyer dan pengelola pasar modern membuat kesepakatan yang biasanya dituangkan dalam trading term. Dan dalam trading term tersebut menyebutkan mengenai kesediaan untuk selalu memenuhi stok produk dan persediaan produk yang diminta oleh pasar modern.

Kedua, ketepatan waktu dalam pengiriman produk yang diminta. Jika anda sebagai suplayer tidak dapat memenuhi persediaan produk yang diminta, maka anda harus memberitahukan lebih awal kepada pihak terkait di pasar modern tersebut. Produk yang dikirim harus selalu memenuhi order dan jumlah dan spesifikasi yang diminta.

Dan terakhir, harus selalu diingatkan secara terus menerus kepada pihak-pihak yang secara langsung berkaitan dengan penanganan produk bahwa produk yang anda kirimkan adalah produk yang bersifat cepat rusak, sehingga harus mendapat perhatian dan perlakukan yang benar, dan sistem penjualan berlaku jual putus.

Related posts