Guru adalah Petani Peradaban - Catatan Kecil Pengajar Muda:

Satu lagi buku terbitan GagasMedia yang kini terbit, \"Catatan Kecil Pengajar Muda\". Buku ini sangatlah menarik sekali, didalamnya para pengajar-pengajar muda ini coba menceritakan pengalamannya saat harus berbagi ilmu bersama saudara-saudara dipedalaman yang kurang beruntung. Mereka tidak mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak seperti masyarakat diperkotaan. Namun semangat anak-anak ini tidak pernah padam untuk belajar dan terus belajar.

\"Guru adalah petani peradaban yang merawat dan menyirami bibit bangsa setiap hari. Buku ini bercerita tentang siklus perjuangan para petani peradaban, Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar, di daerah penempatannya masing-masing,\" ujar Ahmad Fuadi, yang juga penulis trilogi Negeri 5 Menara dan pendiri Komunitas Menara.

Deddy Kusuma, Pengajar Muda Molo Maru, Maluku Tenggara Barat menyatakan,keadaan menjadi semakin mencekam pada bagian saat air dalam volume besar menerpa seisi kapal dalam satu kali sapuan. Dari sekitar dua puluhan penumpang kapal, hanya lima orang yang membawa life vest. Ibu Camat telah memakai miliknya, sementara kami, empat Pengajar Muda ini, telah memberikan life vest kami kepada anak-anak. Yang terlintas di kepalaku saat itu adalah bagaimana agar dengan pelampung seadanya itu, semua anak bisa terselamatkan.

Sedangkan Maria Jeanindya, Pengajar Muda Kokas, Papua Barat punya bagian pavorit tersendiri, yakniketika Mudasir mulai menitikkan air mata. Wajahnya yang tadi tengadah, kian menunduk hingga tenggelam di antara lengan yang tertekuk di atas meja. ‘Ibu tara marah, Nak. Ibu hanya ingin ko bisa kerjakan soal-soal ini. Ko mo bisa toh?’ tanyaku. Pertahananku hampir runtuh. Aku sangat sedih melihat muridku menangis seperti ini. Sungguh, aku merasa gagal.

Catatan Kecil Pengajar Mudamenyuguhkan beragam cerita mengharukan dan inspiratif yang dialami para Pengajar Muda selama mengampu. Tak hanya pengalaman sebagai guru saja yang mereka bagikan di buku ini, tetapi juga catatan kenangan menjadi bagian dari keluarga serta sahabat bagi anak-anak didik mereka.

Related posts