PRJ Targetkan Transaksi Rp 4,5 Triliun

NERACA

Jakarta - Penyelenggaraan event tahunan yaitu Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) mematok transaksi dari event dalam waktu 1 bulan mencapai Rp4,5 triliun. Angka ini meningkat dibandingkan 2012. Director Marketing Jakarta Fair, Ralph Scheumenan mengatakan untuk tahun ini menargetkan transaksi sebanyak Rp 4,5 triliun, meningkat sebesar 0,5 triliun dibandingkan tahun 2012. \"Karena perekonomian meningkat target tahun ini Rp 4,5 triliun transaksi,\" ujar Ralph Scheumenan, pekan lalu.

Sedangkan target pengunjung, Ralph yakin Jakarta Fair tahun ini akan menarik 4,5 juta pengunjung hingga akhir bulan. Menurut Ralph angka sebanyak itu bisa diambil karena bertepatan dengan hari libur anak sekolah. \"Target pengunjung 4,5 juta angka yang cukup tinggi, karena disini kita memberikan hiburan ke semua kelas masyarakat,\" jelas Ralph.

Aneka wahana hiburan kembali disiapkan dengan panggungg spektakuler adalah JIEXPO Music Concert, konser musik paling akbar yang menampilkan lebih dari 270 band dan artis penyanyi top Indonesia. Konser musik JIEXPO akan berlangsung selama 32 hari nonstop selama berlangsungnya event Jakarta Fair. JIEXPO Music Concert ini merupakan bagian dari penyelenggaraan event Jakarta Fair, dibuka setiap hari pukul 15.30 hingga 22.00 dengan tiket masuk Rp 25.000 pada hari biasa, dan dari pukul 10.00 hingga 23.00 dengan tiket masuk Rp 30.000 pada akhir pekan.

Aris-artis yang akan hadir di antaranya penyanyi solo yang sedang naik daun seperti Raisa, Nassar, Ayu Tingting, dan juga Tegar. Ada juga penampilan boyband maupun girlband yang sedang ngetop saat ini seperti Koboi Junior, Smash, Cherrybelle, dan Siper 7. \"Konser musik ini mengusung konsep \"Aku Cinta Musik Indonesia\", dimana semua band dan penyanyi diwajibkan menyanyikan lagu nasional dengan irinan musik sesuai genre mereka,\" jelas Ralph.

Selain panggung musik, Jakarta Fair juga menyiapkan 2650 stand yang terdiri dari berbagai macam produk, dari makanan, fashion, aksesoris, sampai alat-alat elektronik. \"Kita menyediakan 2650 stan untuk semua kebutuhan pengunjung,\" ujar Ralph.

Dalam beberapa tahun terakhir penyelenggaraan Jakarta Fair selalu menggunakan tempat di Kemayoran. Namun, kali ini ada rencana akan dipindahkan ke kawasan Monumen Nasional (Monas). Hal itu seperti diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Menurut dia, pemindahan itu dilakukan karena Jakarta Fair selama ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke atas.

Ke depan, Pemprov DKI menginginkan konsep PRJ lebih seperti pesta rakyat sehingga warga DKI kelas menengah ke bawah bisa turut menikmati perayaan ulang tahun Jakarta itu. \"Pak Gubernur ingin lebih tidak ke kalangan elit dan tidak bayar. Sekarang yang bisa masuk ke Jakarta Fair hanya kelas menengah ke atas, kalau kelas menengah ke bawah seperti tidak menikmati HUT DKI,\" ujar Ahok di Balai Kota Jakarta.

Related posts