Prudential Ajarkan Kelola Keuangan Anak - Gandeng KidZania

NERACA

Jakarta - PT Prudential Life Assurance menggandeng Kidzania Jakarta untuk memberikan pemahaman mengenai keuangan bagi anak-anak melalui peluncuran “Prudential Vault” di wahana Kidzania. Kehadiran ini merupakan perwujudan dari konsep pengelolaan keuangan Cha-ching Money Smart Kids dalam bentuk nyata.

Cha-ching Money Smart Kids, program pembelajaran online interaktif melalui karakter animasi, musik, dan video kartun, memiliki empat pilar utama yaitu memperoleh (earn), menabung (save), membelanjakan (spend), dan menyumbang (donate).

Dari keempat pilar tersebut, “Prudential Vault” di KidZania menghadirkan konsep “menyumbang”, yaitu memberi kembali kepada masyarakat terutama bagi mereka yang membutuhkan,melalui berbagai aktivitas pembelajaran yang menyenangkan.

Setelah mendapatkan pengalaman mengelola keuangan di Kidzania, anak–anak bersama orang tua di rumah juga dapat mengunjungi website www.cha-ching.co.id untuk mempelajari lebih dalam mengenai pengelolaan keuangan.

City Mayor of KidZania, Uchu Riza mengatakan, KidZania menerapkan 6 Guidance Right atau hak anak, yakni to be, to know, to create, to share, to care, dan to play. Melalui berbagai kegiatan yang ada di KidZania, anak-anak diajak untuk bermain peran melakukan aktifitas profesi layaknya orang dewasa, dan memperoleh gaji berupa KidZos dari hasil kerja mereka.

“Selanjutnya, mereka akan belajar untuk menentukan pilihan apakah mereka akan menabung KidZos atau menggunakannya untuk membeli makanan atau barang lainnya,” ujarnya di Jakarta, pekan lalu. Lalu Uchu menjelaskan, dengan metode pembelajaran pengelolaan keuangan Cha-Ching di kategori “menyumbang” melalui “Prudential Vault”, anak-anak dapat mengalami langsung dapat merasakan bagaimana menjadi orang yang peduli terhadap sesama dengan menggunakan uang yang mereka peroleh dari bekerja di wahana tersebut.

Sementara itu Direktur Utama Prudential Indonesia, William Kuan berkeyakinan jika perusahaannya dan Kidzania memiliki peranan dalam mempersiapkan anak Indonesia untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik dan cerah. “Kami percaya dengan memberi nilai-nilai untuk memperoleh, menabung, membelanjakan dan menyumbang anak akan memahami cara mengelola keuangan yang bermanfaat bagi mereka,” ujarnya.

William menambahkan, hal ini didasari oleh hasil penelitian kami yang menunjukkan bahwa 95% dari orang tua ingin dibantu dalam hal program pendidikan yang mengajarkan pengelolaan keuangan bagi anak-anak. Melalui Prudential Vault di KidZania, kami mengemas nilai-nilai tersebut dengan aktivitas pendidikan yang menyenangkandan interaktif bagi anak-anak.

\\\"Prudential Vault merupakan sarana sosialisasi nilai-nilai yang diusung Cha-Ching yang menjadi program tanggung jawab sosial perusahaan yaitu, Sejuta Hati untuk Sejuta Mimpi,\\\" tutur dia. William menambahkan, program ini merupakan komitmen perusahaan untuk menyentuh kehidupan satu juta orang Indonesia yang kurang beruntung, termasuk anak-anak yang merupakan masa depan Indonesia. [sylke]

BERITA TERKAIT

Menyelamatkan Pangan, LG Inisiasi Better Life Festival

Menyelamatkan Pangan, LG Inisiasi Better Life Festival NERACA Jakarta - Berdasarkan data Badan Pangan Nasional (Bapanas), setiap tahun ada 23-48…

Arus Balik Lebaran 2024, Pelita Air Capai On Time Performance 95 Persen

NERACA Jakarta – Pelita Air (kode penerbangan IP),maskapai layanan medium (medium service airline), mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on-time…

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace NERACA  Jateng - Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Menyelamatkan Pangan, LG Inisiasi Better Life Festival

Menyelamatkan Pangan, LG Inisiasi Better Life Festival NERACA Jakarta - Berdasarkan data Badan Pangan Nasional (Bapanas), setiap tahun ada 23-48…

Arus Balik Lebaran 2024, Pelita Air Capai On Time Performance 95 Persen

NERACA Jakarta – Pelita Air (kode penerbangan IP),maskapai layanan medium (medium service airline), mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on-time…

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace NERACA  Jateng - Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi…