Investor Sumut Tumbuh Jadi 16.700 Orang

Sampai dengan pertengah Mei tahun ini, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat pertumbuhan jumlah investor pasar modal di Sumatera Utara mencapai 16.700 orang dari target yang di rilis Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Medan menambah 10.000 investor baru tahun ini, “Jumlah investor di pasar modal terus naik atau sudah 16.700 orang dari jumlah di tahun 2012 yang masih 15.872 orang,\" kata Kepala PIPM Bursa Efek Indonesia Perwakilan Medan, M Pintor Nasution, di Medan akhir pekan kemarin.

Menurutnya, terjadinya peningkatan jumlah investor itu menyenangkan di tengah ada kekhawatiran berkurangnya minat bermain saham akibat dampak krisis global dan sebaliknya terjadi serbuan investor asing di dalam pergerakan bursa saham Indonesia.

Dirinya menjelaskan, PIPM Medan selama ini memang melakukan jemput bola mulai ke investor pemula di kalangan mahasiswa hingga membuka kelas khusus untuk mensosialisasikan soal saham d pasar bursa.

Hasilnya, jemput bola terhadap kalangan mahasiswa dan pemula semakin lebih mudah karena dewasa ini banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan paket investasi dengan nominal rendah atau hanya ratusan ribu rupiah saja untuk mendapatkan investor dari kalangan mahasiswa itu.

Oleh karena itu, PIPM Medan kini tengah berupaya membuka galeri investasi di beberapa universitas Sumut, “Penarikan investor baru juga terbantu dengan kondisi IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) di awal 2013 yang menunjukkan positif,”tuturnya.

Kata M Pintor Nasution, saat ini minat investasi investor Sumut lebih ke saham properti dan konstruksi. Dirinya menambahkan, potensi Sumut masih sangat besar karena selain sumber daya alam (SDA) yang bagus juga ditopang sumber daya manusianya juga sehingga memicu pertumbuhan perekonomian rakyat.

Asal tahu saja, selama ini sudah banyak perusahaan sekuritas sudah melirik potensi yang besar ini dengan ditandai semakin banyaknya jumlah perusahaan yang membuka cabang di Sumut. Tercatat, sedikitnya sudah ada 30 perusahaan sekuritas yang telah membuka cabang di Sumut. (ant/bani)

Related posts