ACCA Beri Edukasi Laporan Keuangan Emiten - Standar Internasional

NERACA

Jakarta –Guna meningkatkan edukasi dan penyampaian laporan keuangan yang baik dan benar dengan standar internasional, The Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) kini hadir di Jakarta.

Presiden ACCA, Barry Cooper mengatakan, kehadiran ACCA membuka kantor perwakilan di Jakarta untuk meningkatkan pemahaman dan edukasi tentang laporan keuangan berstandar internasional bagi masyarakat luas, swasta dan pemerintah,”Peran professional keuangan dapat menciptakan ekonomi kuat dan berkelanjutam dan memberikan nilai public,”ujarnya di Jakarta, Kamis (30/5).

Dirinya menilai, saat ini transparansi laporan keuangan emiten atau perusahaan di Indonesia sudah cukup baik. Ke depan diharapkan transparansi laporan keuangan emiten sudah sesuai dengan standar akuntansi International Financial Reporting Standards (IFRS). “Persoalannya adalah tinggal diimplementasinya saja,”tandasnya.

Menurutnya, hal itu sangat penting di Indonesia dan di mata internasional, karena dengan adanya IFRS berarti ada standar tertentu. “Ini sangat baik bagi perusahaan di Indonesia. Tentu dengan pertumbuhan ekonomi di atas 6% tentu saja ACCA mendukung upaya dari Wakil Presiden Boediono,” jelasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Wakil Presiden, Boediono berniat mendorong implementasi standar akuntansi International Financial Reporting Standards sehingga diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas dan transparansi laporan keuangan perusahaan di Indonesia.

Asal tahu saja, The Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) merupakan badan internasional untuk akutansi profesional secara resmi beroperasi di Indonesia. Kehadiran ACCA di Indonesia ini menawarkan kualifikasi pilihan yang relevan dengan bisnis bagi siapapun yang berkemampuan dan berambisi untuk mencari karir menjanjikan di bidang akuntansi, keuangan dan manajemen.

Sementara Direktur ACCA Indonesia, Mulyadi Setiakusuma mengatakan, kehadiran ACCA di Indonesia mempersiapkan anggotanya untuk menjadi pemimpin baik, bermartabat di bidang akuntan ataupun di bidang keuangan, “ACCA yang berasal Amerika Serikat ini telah mendukung 154,000 anggotanya dari 432.000 siswanya di 170 negara,”paparnya.

ACCA melalui jaringan 83 kantor dan lebih dari 8.400 appoved empployer di seluruh dunia telah memabntu muridnya tersebut untuk mengembangkan kariri yang sukses di bidang akuntansi dan bisnis dengan keterampilan yang diperlulkan perusahaan.

Dikatakan, walaupun masih baru di Indonesia anggotanya baru 50 orang dengan jumlah murid 200 orang. Dipaparkan ACCA Indonesia telah keberjasama dengan Ikatan Akuntansi Indonesia dan Ikatan Akuntansi Publik.

Selain itu ACCA juga bekerjasama dengan bagai perguruan tinggi di Indonesia seperti Universitas Indonesia, YKPN Yogyakarta, Universitas Bina Nusantara. Serta untuk perusahaan Conoco Philips,”Kami bertekad untuk terus menambah anggota dan murid kami di Indonesia. Kami akan memberikan akses dan kemampuan dan mendukung mereka sepanjang karir mereka di bidang bisnis di Indonesia,”jelasnya. (bani)

BERITA TERKAIT

Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Keuangan Terbaik

      NERACA   Bali - Sri Mulyani Indrawati memperoleh penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik di kawasan Asia Timur…

Sektor Perikanan Dapat Ambil Peluang Perang Dagang AS-China - Niaga Internasional

NERACA Jakarta – Pengamat perikanan Abdul Halim mengharapkan Indonesia dapat mengambil peluang dari sektor perikanan menyusul terimbasnya sektor perikanan China…

BNI Syariah Beri Bantuan Korban Bencana Palu

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo (ketiga dari kanan) dan Walikota Palu, Sulawesi Tengah, Hidayat berjabat tangan saat penyerahan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Bersama WIKA dan Summarecon - MUN Ikut Konsorsium Tol Dalam Kota Bandung

NERACA Jakarta - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) lewat anak usahanya PT Margautama Nusantara (MUN) bersama PT Wijaya Karya (Persero)…

Pendapatan Bali Towerindo Tumbuh 42%

NERACA Jakarta - Di kuartal tiga 2018, PT Bali Towerindo Sentra Tbk (BALI) membukukan kenaikan pendapatan usaha 42% menjadi Rp…

Pefindo Beri Peringkat AA- Chandra Asri

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan rating untuk PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) pada idAA-. Outlook rating TPIA stable. Rating…