XL Modernisasi Jaringan di Jawa Timur

Terus meningkatnya volume trafik serta tuntutan kualitas layanan yang lebih baik lagi di area Jawa Timur telah mendorong PT XL Axiata Tbk (EXCL) untuk meningkatkan kualitas jaringan di area tersebut. Untuk itu XL melakukan modernisasi jaringan guna menambah kapasitas sehingga mampu meningkatkan kualitas semua jenis layanan, baik voice, SMS, dan terutama untuk menopang kualitas layanan data.

Vice President XL East Region – Titus Dondi mengatakan, modernisasi jaringan harus dilakukan mengingat kebutuhan pelanggan atas layanan XL yang terus meningkat untuk semua jenis layanan, ”Proses moderinisasi jariangan sudah XL lakukan di sebagian area lain, baik di Jawa maupun pulau lain, seperti Sumatera,”katanya dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (30/5).

Menurutnya. modernisasi ini sekaligus sebagai antisipasi perseroan akan terus meningkatkan akses pelanggan pada layanan data di mana pelanggan membutuhkan baik kecepatan maupun sinyal yang stabil. Langkah ini sekaligus sebagai realisasi komitmen XL untuk menghadirkan layanan yang berkualitas bagi pelanggan.

Dia menjelaskan, proses ini akan dimulai dari Surabaya kemudian berlanjut ke seluruh kabupaten dan kecamatan yang ada di Jawa Timur. Proses ini berlangsung mulai 29 Mei hingga akhir Oktober 2013. Secara lebih spesifik, proses modernisasi jaringan yang dilakukan XL berupa perbaikan desain, penggantian perangkat, penalaan dan optimisasi jaringan.

Untuk penggantian perangkat dilakukan dengan melakukan modernisasi RBS (Radio Base Station) 2G eksisting lama dengan perangkat terbaru yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya. Pada modernisasi jaringan ini juga dilakukan penggabungan beberapa perangkat RBS menjadi satu atau dikenal dengan istilah ”Single RAN” sehingga menjadi lebih hemat tempat dan praktis dalam pengoperasiannya.

Saat ini jumlah pelanggan XL di area Jawa Timur sudah lebih dari 8,3 juta, yang ditopang oleh lebih dari 3300 BTS 2G/3G XL. Jangkauan pelayanan XL sudah menjangkau seluruh area hingga kecamatan. Ke depan XL terus memperluas jaringannya untuk melayani lebih banyak lagi kebutuhan komunikasi masyarakat dan memberi kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi di propinsi Jawa Timur. (bani)

BERITA TERKAIT

Segar Kumala Berniat Bagi Dividen Rp23

Sebagai bentuk apresiasi kepada pemegang saham atas pencapaian positif kinerja keuangan di 2023, PT Segar Kumala Indonesia Tbk. (BUAH) berencana…

Laba Bersih MNC Energy Terkoreksi 31,5%

Laba bersih PT MNC Energy Invesment Tbk (IATA) mencatatkan laba bersih US$26,378 juta atau turun 31,5% dibanding tahun 2022 mencapai…

PGEO Beri Kesempatan Setara Bagi Perempuan

Dalam rangka memperingati hari Kartini dan mendukung kesetaraan perempuan, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) juga memberikan kesempatan yang luas…

BERITA LAINNYA DI

Segar Kumala Berniat Bagi Dividen Rp23

Sebagai bentuk apresiasi kepada pemegang saham atas pencapaian positif kinerja keuangan di 2023, PT Segar Kumala Indonesia Tbk. (BUAH) berencana…

Laba Bersih MNC Energy Terkoreksi 31,5%

Laba bersih PT MNC Energy Invesment Tbk (IATA) mencatatkan laba bersih US$26,378 juta atau turun 31,5% dibanding tahun 2022 mencapai…

PGEO Beri Kesempatan Setara Bagi Perempuan

Dalam rangka memperingati hari Kartini dan mendukung kesetaraan perempuan, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) juga memberikan kesempatan yang luas…