free hit counter

Pemotongan Anggaran Tak Pengaruhi Kinerja KKP

Dipangkas Rp 479 Miliar

Jumat, 31/05/2013

NERACA

Lombok Tengah - Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indra Sakti menyebutkan bahwa anggaran di KKP mengalami pemotongan sebesar Rp 479,11 miliar pada anggaran 2013. Akan tetapi, dengan pemotongan anggaran ini tidak membuat kinerja dari KKP menjadi menurun.

"Pagu anggaran 2013 KKP mencapai Rp7,07 triliun. Dengan adanya penghematan anggaran oleh Kementerian Lembaga, anggaran KKP dipangkas mencapai Rp479,1 miliar atau 6,89%. Walaupun dipotong, tetapi kinerja kami akan terus ditingkatkan," ujar Indra ketika ditemui dalam kunjungan kerja di Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (30/5).

Ia menjelaskan bahwa ada beberapa direktorat di KKP yang mengalami pemotongan cukup besar seperti di Sekretaris Jenderal (Sekjen), Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, dan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya yang masing-masing mengalami pemotongan sebesar 9,73%. "Selain itu, pemangkasannya relatif kecil. Karena kami sangat menghindari pemangkasan di Direktorat Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP)," tambahnya.

Indra beralasan pada anggaran PSDKP sebagian besar untuk pembelian solar bagi kapal-kapal patroli yang berjaga di perairan Indonesia. "Kalau anggaran untuk beli solarnya dipotong, maka bisa-bisa kapal patroli tidak akan bisa berjaga-jaga. Kalau sudah begitu, akan semakin banyak illegal fishing karena minimnya pengawasan," imbuhnya.Next