UOB Gandeng Pelukis Muda Berbakat

Karya Lukis Bernilai Bisnis

UOB Gandeng Pelukis Muda Berbakat

NERACA

Jakarta---Lukisan bukan sekedar barang seni. Namun memiliki nilai investasi dan bisnis. Lihat saja, beberapa karya lukis seniman Indonesia, Raden Saleh, Basuki Abdullah dan Affandi, nilainya bisnis karya lukisnya mencapai ratusan juta rupiah.

PT Bank UOB Indonesia (UOB) meluncurkan kompetisi dan pameran UOB Painting Of The Year (POY) pada Rabu (22/6) di UOB Plaza, Jakarta. POY sengaja diselenggarakan untuk menarik dan merangkul seniman-seniman muda berbakat Indonesia menunjukkan kemampuannya melalui kanvas.

UOB POY merupakan kompetisi seni pertama yang digelar UOB Indonesia. Padahal Grup UOB di negara lain seperti Singapura telah mengadakannya selama 30 tahun. Hal ini diakui Presiden Direktur UOB, Armand B. Arief. “UOB baru saja menyelesaikan akuisisi pada 2008, sehingga pembenahan baru benar-benar selesai,” ungkap Armand.

Lebih jauh, kata Armand, pihaknya memilih 2011. Karena OUB baru selesai berbenah. “Kami sengaja memilih 2011, karena pembenahan telah selesai. Apalagi tahun ini hanya kami yang menggelar kompetisi seni,” ujarnya.

UOB POY berhasil menarik 846 partisipan dengan 1484 karya lukisan berkompetisi disini. Dengan seleksi yang ketat dan cukup panjang, tim juri kemudian memutuskan lukisan “Repacking” hasil karya Gatot Indrajati sebagai pemenangnya.

Tim juri menilai “Repacking” memberi kesan, modernisasi dan globalisasi tidak boleh menghancurkan tradisionalisme yang telah mengakar di bumi Indonesia. Ajakan untuk mengemas ulang seni tradisi sesuai zaman modern dengan substansi nilai yang tidak berubah.

Selain pemenang UOB POY, kompetisi ini juga memilih pemenang highly-commended sebanyak 6 orang dan dibagi menjadi 2 kategori yaitu Profesional dan Junior. Dalam pameran yang akan berlangsung 22 Juni – 8 Juli 2011, semua lukisan pemenang dan finalis akan dipajang sehingga masyarakat turut melihat hasil karya seniman bangsa.

Pemenang UOB POY akan menerima hadiah sebesar Rp 70 Juta dan trophy. Sedangkan untuk pemenang Highly-commended award, masing-masing akan menerima hadian sebesar Rp 50 Juta untuk kategori Profesional dan Rp 25 Juta untuk kategori Junior beserta trophy.

Khusus untuk Pemenang POY, hasil karyanya akan dilombakan ke UOB POY tingkat Asia di Singapura. Gatot akan berkompetisi dengan pemenang-pemenang dari Singapura, Malaysia, dan Thailand. Kompetisi di Singapura ini akan berlangsung 16 Juli 2011 dengan hadiah utama 5000 Dolar Singapura. “UOB bangga membantu mempromosikan karya seni local dan mendorong seniman menunjukkan karya lokal terbaik,” pungkas Armand. **cahyo

BERITA TERKAIT

Gandeng BUMDes, Pertamina Bangun 77 Ribu SPBU Mini

    NERACA   Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan membangun 77.000 SPBU mini di seluruh pelosok daerah di Indonesia…

Kemenperin Gandeng IMIP Gelar Diklat 3 in 1 Industri Logam

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian dan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) sepakat menjalin kerja sama dalam upaya mencetak tenaga…

Gandeng Kerjasama Indomaret - MAMI Permudah Pembelian Reksadana

NERACA Jakarta –Genjot pertumbuhan penjualan reksadana, PT Manulife Aset Manajemen Indonesia gandeng kerjasama PT Indomarco Prismatama (Indomaret) untuk layanan transaksi…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Membaiknya Ekonomi, Penerimaan Pajak Hampir Capai Target

        NERACA   Jakarta - Lembaga riset perpajakan DDTC menilai bahwa penerimaan pajak pada 2018 yang hampir…

Presiden Minta PKH Tak Digunakan untuk Konsumtif

      NERACA   Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) mengarahkan warga penerima…

DataOn Bentuk Perusahaan Baru GreatDay HR

      NERACA   Jakarta - DataOn (PT. Indodev Niaga Internet) meresmikan GreatDay HR sebagai brand baru untuk solusi…