Tips Memilih Lantai Hunian

Ketika mendesain sebuah hunian, pemilihan desain lantai menjadi suatu hal yang sangat penting agar tercipta keterpaduan yang indah. Namun bukan tanpa masalah, memilih lantai yang tepat untuk hunian tidaklah mudah. Banyak hal yang harus kita perhatikan seperti desain ruangan yang berbeda-beda, jelas kita tidak bisa menyamakan lantai setiap ruangan yang memang memiliki desain yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa tips saat memilih lantai yang tepat untuk hunian kita.

Tentukan suasana yang diinginkan

Selain dari sisi pengguna, tentukan juga jenis suasana yang ingin kita wujudkan dalam rumah kita. Jika Akita ingin suasana alami, maka lantai kayu adalah pilihan yang tepat. Jika kita ingin memiliki nuansa yang lebih mewah, lantai marmer sangat cocok karena dapat menambah kemewahan rumah. Suasana apapun yang kita inginkan, jangan lupa untuk mempertimbangkan poin nomor 1 di atas.

Pertimbangkan anggaran

Pertimbangkan anggaran kita apakah sesuai dengan harga lantai kita inginkan. Cobalah untuk mendapatkan barang yang lebih murah. Linoleum merupakan bahan lantai dengan harga lebih murah dari pada karpet. Ubin keramik jauh lebih murah dari pada marmer. Carilah bahan yang kita mampu beli.

Tentukan jenis ruangan

Jenis lantai juga tergantung pada jenis ruangan. Jika untuk dapur, kita dapat menggunakan bahan-bahan seperti karet, vinil, spon dan linoleum karena bahan ini mudah untuk dibersihkan dan dapat mencegah kerusakan ketika piring dan benda yang mudah pecah lainnya jatuh. Lantai kayu dan lantai laminasi sangat cocok untuk kamar tidur dan ruang tamu. Sementara ubin keramik umumnya digunakan dalam kamar mandi karena kondisi yang memang selalu basah.

Pemilihan bahan

Hal terbaik untuk dilakukan dalam memilih bahan lantai adalah dengan melakukan pemilihan bahan. Teliti semua jenis bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan kita. Cobalah untuk mencari kekurangan dan kelebihan dari bahan tertentu dan bandingkan dengan bahan lainnya. Cari juga melalui internet atau kita dapat mengunjungi toko-toko lokal untuk membandingkan bahan-bahan ini.

Kualitas dan daya tahan

Selain penampilan yang menarik, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kualitas dan daya tahan. Berapa lama sebuah karpet bisa bertahan? Bisakah lantai kayu menahan semua beban yang kita akan tempatkan di dalam rumah? Jika kita memang ingin menggunakan karpet, kita juga harus memilih jenis karpet yang mampu bertahan lama dan juga memberikan kenyamanan bagi kita.

Pemilihan warna

Warna adalah salah satu unsur penting ketika memilih bahan lantai karena akan menciptakan dampak yang besar bagi seluruh tampilan interior kita. Bayangkan sebuah rumah dengan warna putih di mana-mana. Kemudian kita mencoba menempatkan karpet berwarna-warni, pasti akan langsung menambah kehidupan dan keceriaan ke dalam rumah tersebut. kita juga dapat menggunakan warna terang untuk lantai jika memang dinding dan furnitur serta barang-barang lain di dalamnya sudah penuh warna. Dengan cara ini, ruangan akan tampak terangkat dengan lantai berwarna terang.

Related posts