Kenaikan BBM Tidak Akan Pengaruhi Produksi Mobil

Kini, masyarakat memiliki semakin banyak pilihan untuk kendaraan roda empat, pada pertengahan 2013 ini saja sudah banyak ATPM meluncurkan jenis kendaraan terbarunya, mulai dari jenis MPV hingga mobil-mobil berkelas premium. Padahal, pemerintah akan menaikkan harga BBM dalam waktu dekat.

NERACA

Industri otomotif berapa tahun belakangan ini terus mengalami peningkatan, dengan penjualan yang tinggi terutama roda empat membuat persaingan antara produsen otomotif kian ketat, ini bisa kita lihat di pertengahan tahun 2013 ini saja sudah berbagai kendaraan roda empat di luncurkan di Indonesia.

Walaupun rencana pemerintah hendak menaikkan harga bahan bakar bersubsidi menjadi Rp 6.500 tidak lama lagi. Tapi, kenaikan harga itu diprediksi tidak akan berpengaruh banyak pada penjualan mobil di Indonesia. Ini yang membuat para produsen yakin dengan terus memproduksi kendaraan baru.

Memang, sesaat setelah kenaikan, penjualan mobil diprediksi akan terkoreksi. Tapi, itu diprediksi hanya akan berlangsung selama 3 bulan pertama saja, setelah itu, penjualan pun kembali normal. \"Tidak banyak berpengaruh. Mungkin hanya 3 bulan saja, setelah itu normal,\" kata Head Domestic Marketing PT Astra Daihatsu Motor Rio Sanggau.

Pasar mobil Indonesia sendiri tahun lalu telah menyerap 1,1 juta mobil. Angka itu diprediksi akan kembali tercapai tahun ini. Rio memprediksi, ketika naik nanti, kemungkinan konsumen akan kaget. Tapi setelah itu semua kembali stabil.

Menurutnya persaingan pasar otomotif pada tahun ini akan terus memanas, bukan hanja jenis kendaraan MPV, bahkan jenis mobil premium pun akan terus memanas, kita bisa lihat bulan ini saja sudah banyak produsen mobil memperkenalkan kendaraan barunya di Indonesia.

Mercedes Benz ML 250 CDI

ML 250 CDI merupakan SUV kelas diesel tertinggi yang pernah di produkasi Mercedes Benz.Dapur pacu dibekali dengan mesin 4 silinder turbo diesel berkapasitas 2143 cc yang mampu memuntahkan tenaga 204 horse power dan torsi 500 Nm. Dengan kemampuan ini SUV besutan Mercedes Bens ini mampu berakselerasi dalam waktu 9 detik dari 0 hingga 100 kilometer.

\"Untuk Indonesia hanya mesin Mercedes Bens diesel Euro 4 yang layak ditawarkan pasar dengan bahan bakar diesel yang dianjurkan,\" kata Claus Weidner, President and CEO PT Mercedes Benz Indonesia.

Weidner juga mengklaim, ML 250 CDI memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Yakni dengan konsumsi rata-rata hanya 6,3 liter per 100 kilometer. Juga didukung dengan emisi karbon dioksida yang rendah yaitu 166 gram perkilometer.

Untuk memiliki SUV keluaran terbaru Mercedes Bens ini, Anda nampaknya harus mengeluarkan kocek yang cukup dalam. Karena ML 250 CDI dihargai sebesar Rp 949 juta (off the road).

All New Honda Accord

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda menghadirkan All New Honda Accord ke Indonesia. Mobil generasi kesembilan Accord ini mengalami berbagai perubahan desain dan juga penambahan teknologi.

All New Honda Accord tampil dengan desain eksterior yang lebih premium. Mobil premium ini menggunakan desain front grille dan bumper dengan desain baru. LED Daytime Running Light dan desain Fog Lamp dengan reflektor persegi untuk penerangan juga disematkan dalam mobil dengan mesin Earth Dream Technology 2.4L DOHC i-VTEC ini.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 176 PS pada 6.200 rpm dengan torsi maksimal 225 Nm pada 4.000 rpm. \"Mesin Earth Dreams Technology adalah generasi terbaru dari mesin Honda yang disematkan di Honda Accord untuk pertama kalinya di Indonesia,\" tandas Tomoki.

Selain desain yang baru, All New Honda Accord menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda. Sewaktu memasuki mobil, Smart Key System memudahkan pengemudi membuka kunci mobil. Kunci cukup disimpan di dalam saku dan kunci akan terbuka secara otomatis ketika tangan berada di handle pintu.

All New Honda Accord 2.4 VTi dijual seharga Rp 499 juta, sementara varian. 2.4 VTi-L seharga Rp549 juta. Kedua harga ini adalah on the road Jabodetabek dan juga BBN Mobil Pertama.Buat konsumen yang ingin menyempurnakan tampilan standar juga disediakan paket aksesoris Module Edition.

Ertiga Matic

PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Ertiga matic yang menjadikan jenis kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle) yang mengandung unsur AMIN (Aman, Mewah, Irit, Nyaman) dan konsep ’Cozy (COmfort & EaZy)’. Sehingga Ertiga matic menjadi kendaraan yang ideal dan lebih mengerti keluarga Indonesia dimana selaras dengan brand promise Ertiga ”Lebih Mengerti Keluarga”. Seluruh kelebihan dari Ertiga matic tersebut diberikan untuk memanjakan keluarga Indonesia dalam menikmati dan memudahkan perjalanannya.

Ertiga sebagai kendaraan MPV bonnet yang unggul di kelasnya dimana untuk memperolehnya, ERTIGA Matic dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) Ertiga A/T untuk wilayah JABODETABEK & sekitarnya, adalah Ertiga GL A/T: Rp173.800.000 dan Ertiga GX A/T: Rp185.800.000.

Related posts