Perusahaan Beri Beasiswa untuk Siswa Berprestasi - Peduli Pendidikan Indonesia

Pendidikan memiliki peranan yang cukup strategis dalam merubah dan menentukan masa depan suatu bangsa. Walaupun pemerintah telah menetapkan 20% dari APBN untuk dana pendidikan, kondisi dan hasil pendidikan di Indonesia masih belum memadai. Maka dari itu, untuk mendukung keseriusan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, program terobosan dengan melibatkan secara langsung pihak swasta sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perlu dilakukan.

Salah satu program nyata gerakan kepedulian pihak swasta terhadap masyarakat adalah Corporate Social Responsibility (CSR). Salah satu implementasi CSR dalam dunia pendidikan adalah program-program beasiswa. Seperti program beasiswa \"Bantuan Siswa Berprestasi\" yang tengah dilakukan oleh Sinar Mas Land sebagai salah satu pengembang properti terkemuka di Indonesia mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat.

Program beasiswa ini disalurkan kepada 114 siswa/siswi berprestasi yang semuanya tersebar di 22 sekolah dari tingkat SD, SMP, hingga SMA di Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten. Adapun total dana beasiswa yang disalurkan Sinar Mas Land ke para siswa berprestasi mencapai Rp192 juta selama satu tahun. Pemberian dana beasiswa tersebut bervariasi tergantung dari tingkatan sekolah dan kelasnya.

\\\"Lewat program beasiswa ini, kami ingin berperan serta meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan yang diterima masyarakat setempat sebagai bentuk perhatian serta tanggung jawab sosial kepada bangsa,” ujar Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land, Ishak Chandra.

Selain memberikan beasiswa kepada setiap siswa/siswi, Sinar Mas Land juga mengajak murid sekolah untuk belajar menabung dan mengatur sendiri keuangannya. Untuk itu, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Bank Sinarmas membuat produk tabungan untuk program beasiswa tersebut dengan nama Tabunganku dan menunjuk Bank Sinarmas sebagai bank pembuka rekening tabungan.

Perusahaan lain yang berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan, baik keahlian, pengetahuan maupun perilaku masyarakat, lewat beasiswa adalah PT Semen Padang. Dengan menyerahkan beasiswa senilai Rp933 juta pada 1.123 pelajar berprestasi di Padang belum lama ini, PT SP berniat mengembangkan pendidikan di Sumatera Barat mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga SLTA. Selain itu, PT SP juga berniat membuat latihan keterampilan bagi anak putus sekolah, pengadaan peralatan sekolah, dan penyuluhan pengetahuan kepada masyarakat.

“Sumber Daya Manusia merupakan aset bangsa yang harus dikelola dan dikembangkan secara optimal. Karena itu, Semen Padang berupaya menjadi salah satu yang terdepan dalam program pembinaan Sumber Daya Manusia. Beasiswa ini merupakan paket awal Semester I tahun 2013 yang diserahkan Semen Padang Group,” kata Direktur Keuangan PT Semen Padang Epriliyono Budi.

Related posts